Pemkab Sinjai bagikan sertifikat tanah untuk warga di tiga kelurahan (Foto: Web Pemkab Sinjai).

Warga di 3 Kelurahan Kabupaten Sinjai Terima Sertifikat Tanah, Begini Pembagiannya

Publish by IDenesia on 9 August 2024

NEWS, IDenesia.id - Pemerintah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, menyerahkan sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada warga di Kecamatan Sinjai Tengah. Ratusan sertifikat tersebut diberikan kepada warga dari satu kelurahan dan dua desa.

Penyerahan sertifikat tanah dilakukan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, di Aula Kantor Kelurahan Samaenre, pada Kamis, 8 Agustus 2024. Sertifikat tanah ini merupakan hasil program PTSL tahun 2024.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sinjai, Agustini Pujiastuti, menjelaskan di Kelurahan Samaenre diserahkan sebanyak 547 sertifikat tanah, di Desa Pattongko sebanyak 182 sertifikat, dan di Desa Kanrung sebanyak 58 sertifikat.

“Semua bidang tanah yang disertifikasi ini sebelumnya belum pernah diterbitkan sertifikat, tidak bermasalah, dan secara fisik sudah dikuasai serta berhak oleh pemiliknya. Istilahnya, sudah legal,” jelas Agustini dalam keterangannya yang dilansir IDenesia, Jumat, 9 Agutus 2024.

Agustini juga menambahkan, pendaftaran pengurusan sertifikat tanah melalui program PTSL di Kelurahan Samaenre masih dibuka hingga September 2024. Dia berharap, warga segera mendaftarkan tanahnya.

"Kami harapkan warga segera mendaftarkan tanahnya," tambah Agustini.

Sementara itu, Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, menekankan pentingnya sertifikat tanah sebagai bukti legalitas dan jaminan kepastian serta perlindungan hukum atas kepemilikan tanah.

"Saya mengajak seluruh masyarakat penerima sertifikat untuk memahami betapa pentingnya legalitas aset tanah. Hal ini dimaksudkan agar aset tanah kita memiliki kepastian hukum serta dilindungi oleh undang-undang," paparnya.

Penyerahan sertifikat tanah ini turut dihadiri oleh Camat Sinjai Tengah, A. Syahrul Paesa, beserta unsur Tripika Kecamatan Sinjai Tengah, Lurah Samaenre, Kepala Desa Kanrung, Kepala Desa Pattongko, serta para warga penerima sertifikat.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross