Spanyol raih emas Olimpiade 2024 Paris (Foto: FIFA)

Akhiri Penantian 32 Tahun, Spanyol Kawinkan Gelar Olimpiade dan Euro 2024

Publish by Redaksi on 10 August 2024

NEWS, IDenesia.id—Spanyol mengakhiri penantian 32 tahun mereka untuk meraih medali emas Olimpiade. Di laga final menghadapi tuan rumah Prancis, La Roja menang 5-3 dalam pertarungan 120 menit.

Bermain di Parc des Princes, Prancis memimpin terlebih dahulu saat laga baru berjalan 11 menit. Les Blues membuka skor lewat Enzo Millot.

Spanyol bereaksi dengan sangat luar biasa. Fermin Lopez menyamakan kedudukan di menit ke-18. Pemain Barcelona itu kemudian membalikkan keadaan dengan gol keduanya di menit ke-25.

Hanya berselang tiga menit, Spanyol menggandakan keunggulan melalui Alex Baena yang sekaligus menutup babak pertama dengan skor 3-1 untuk keunggulan tim Matador.

Bertekad mengulang sukses mereka di Olimpiade Los Angeles 40 tahun lalu, Prancis bangkit di babak kedua. Pada menit ke-79, Maghnes Akliouche memperkecil ketertinggalan.

Drama terjadi saat Spanyol sepertinya akan memenangkan pertandingan. Pada menit ke-90+3, penalti Jean-Philippe Mateta berhasil menyamakan kedudukan dan memaksa laga berlanjut ke extra time.

Spanyol kembali memimpin di menit ke-100 berkat gol Sergio Camello. Dan, perlawanan Prancis berakhir setelah pada menit ke-120+1, Camello mencetak gol keduanya yang memastikan Spanyol menang 5-3.

Ini adalah emas pertama Spanyol sejak 1992 ketika mereka juara di Olimpiade Barcelona. Saat itu, emas dipersembahkan Pep Guardiola dkk.

Selain itu, emas ini membuat Spanyol mengawinkan gelar Euro 2024. Di Jerman Juli lalu, Spanyol juga menjadi raja Eropa denganmengalahkan Inggris. Sebagian dari pemain Spanyol yang meraih emas hari ini juga menjadi anggota skuat pemenang Euro 2024.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross