Pemain PSM Makassar, Nermin Haljeta saat melawan Persis Solo (Foto: IG PSM Makassar)

Klasemen Sementara Liga 1: PSM Makassar Tempel Persib di Puncak Usai Kalahkan Persis Solo

Publish by IDenesia on 10 August 2024

NEWS, IDenesia.id - PSM Makassar sukses meraih kemenangan pada pekan pertama Liga 1 musim 2024-2025 setelah menundukkan Persis Solo dengan skor 3-0. Kemenangan ini membawa Pasukan Ramang menempel Persib Bandung di puncak klasemen sementara.

Pertandingan antara PSM Makassar dan Persis Solo digelar di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Sabtu, 10 Agustus 2024. Dua gol PSM Makassar dicetak oleh Nermin Haljeta, sementara gol ketiga lahir dari kaki pemain pengganti, Rizky Eka Pratama.

Tambahan tiga poin ini menempatkan PSM Makassar di peringkat kedua klasemen dengan raihan tiga poin, sama dengan Persib Bandung yang berada di posisi pertama.

Hanya saja, Persib Bandung unggul agresivitas gol setelah mencetak empat gol ke gawang PSBS Biak, sementara PSM hanya mencetak tiga gol ke gawang Persis Solo.

Jalannya Pertandingan

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, PSM Makassar tampil dominan. Peluang pertama mereka datang dari tendangan Victor Dethan di sisi kanan kotak penalti, namun bola masih mengenai pemain belakang Persis Solo.

Peluang emas kembali tercipta pada menit ke-22 melalui Yuran Fernandes. Sayangnya, tendangan Yuran berhasil diblok oleh kiper Persis Solo, Ricardo Lima.

PSM Makassar akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-23 melalui gol Nermin Haljeta. Gol ini berawal dari sundulan ke belakang Yuran Fernandes yang langsung disambut oleh Nermin dengan sepakan terukur ke gawang M Riyandi.

Delapan menit kemudian, Nermin Haljeta kembali mencatatkan namanya di papan skor. Memanfaatkan umpan dari Tito Okello, Nermin yang berdiri bebas berhasil mengecoh M Riyandi dan mencetak gol keduanya.

Pada menit ke-35, PSM kembali mendapatkan peluang emas melalui kemelut di depan gawang Persis Solo. Namun, tendangan Tito Okello masih terlalu lemah dan dapat dihalau oleh pertahanan lawan.

Persis Solo sempat memiliki peluang untuk memperkecil ketertinggalan, namun Ramadhan Sananta dinyatakan offside saat berhadapan dengan kiper Hilmansyah.

Memasuki babak kedua, PSM Makassar melakukan dua pergantian pemain dengan memasukkan Rizky Eka Pratama dan Daisuke Sakai menggantikan Victor Luiz dan Victor Dethan. Sementara itu, Persis Solo hanya melakukan satu pergantian pemain dengan memasukkan Gio Numberi untuk menggantikan Faqih.

Di babak kedua, PSM Makassar tetap menekan, sementara Persis Solo lebih banyak bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Pada menit ke-58, Persis Solo sempat mengancam melalui sepakan Sho Yamamoto, namun tendangannya masih terlalu lemah dan mudah ditangkap oleh Hilmansyah.

PSM Makassar menambah keunggulan pada menit ke-74 melalui gol Rizky Eka Pratama. Gol ini berawal dari serangan balik cepat yang diakhiri dengan sprint Rizky Eka sebelum akhirnya menjebol gawang M Riyandi.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 3-0 tetap bertahan untuk kemenangan PSM Makassar. Kemenangan ini mengantarkan PSM Makassar ke puncak klasemen sementara dengan raihan tiga poin, menggusur Persib Bandung.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross