Staf Ahli Bidang Pemerintahan & Otonomi Daerah Kementerian PAN RB H Jufri Rahman (Foto: IG Jufri730).

Jufri Rahman Jadi Sekda Sulsel, Dilantik Hari Ini

Publish by IDenesia on 14 August 2024

NEWS, IDenesia.id - Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kementerian PAN RB, Jufri Rahman, resmi diangkat menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Pelantikan Jufri Rahman dijadwalkan berlangsung hari ini oleh Penjabat Gubernur Sulsel, Prof. Zudan Arif Fakrulloh.

Pelantikan Jufri Rahman sebagai Sekda Sulsel diagendkana berlangsung di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar pada Rabu, 14 Agustus 2024. 

Jufri Rahman diangkat jadi Sekda Sulsel berdasarkan Surat Keputusan (SK) Presiden RI Nomor 97 tahun 2024 tentang mengangkat pejabat pimpinan tinggi madya pada lingkup Pemprov Sulsel, tanggal 6 Agustus 2024.

Pengamat politik dan pemerintahan yang juga guru besar Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Armin Arsyad menilai, penunjukan Jufri Rahman sebagai Sekda Sulsel adalah langkah yang tepat. Menurutnya, Jufri merupakan seorang pamong senior yang mampu menjembatani hubungan antara pemerintah pusat dan daerah Sulsel.

"Beliau adalah seorang pamong senior dengan jaringan yang sangat luas, yang merupakan nilai tambah dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan Sulsel ke arah yang lebih modern," ujar Prof. Armin Arsyad pada Selasa (13/8/2024).

Menurut Prof. Armin, ada tiga keunggulan yang dimiliki Jufri Rahman sebagai Sekda Sulsel. Pertama, Jufri telah memimpin berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Sulsel. Kedua, ia juga memiliki pengalaman karier di tingkat pusat. 

"Kariernya yang paripurna menjadi keuntungan tersendiri. Dengan pengalamannya di pusat, beliau memiliki wawasan baru yang sangat dibutuhkan Pemprov Sulsel untuk mempererat hubungan dengan pemerintah pusat," tambah Prof. Armin.

Prof. Armin juga memperkirakan bahwa pasca pelantikan Jufri Rahman sebagai Sekda, Penjabat Gubernur Sulsel akan sangat terbantu dalam hal pengawasan, pengendalian, dan pengarahan OPD-OPD di lingkup Pemprov Sulsel.

"Dengan pengalaman pemerintahan yang luas dan ilmu yang dimilikinya, Jufri akan membawa Pemprov Sulsel ke arah yang lebih baik. Selamat kepada Pak Jufri," pungkas Prof. Armin.

Sebagai informasi, sebelum berkarier di pusat, Jufri Rahman pernah menduduki beberapa jabatan strategis di Pemprov Sulsel, antara lain sebagai Kepala Biro Humas dan Protokol, Kabid Diklat/BPSDM, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Bappeda, serta pernah menjadi Penjabat Bupati di Toraja dan Sinjai.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross