Ilustrasi gempa bumi (Foto: Outlook)

Jepang Cabut Peringatan Gempa 9 Skala Richter

Publish by Redaksi on 15 August 2024

NEWS, IDenesia.id—Peringatan gempa besar dikeluarkan Badan Meteorologi Jepang pada 8 Agustus menyusul terjadinya gempa berkekuatan 7,1 skala richter. Badan tersebut memperingatkan gempa bumi berkekuatan sedikitnya 9 Skala Richter bisa terjadi dalam hitungan hari

Gempa berkekuatan 7,1 skala richter minggu lalu terjadi di tepi dasar laut Palung Nankai, yang mendorong pemerintah Jepang untuk mengeluarkan peringatan gempa besar pertamanya.

Menurut laporan, pemerintah telah menyatakan bahwa warga sekarang bisa kembali ke kehidupan normal mereka. Menurut menteri negara penanggulangan bencana Yoshifumi Matsumura, tidak ada kelainan yang diamati dalam aktivitas seismik Palung Nankai yang terletak di sepanjang pantai Pasifik Jepang.

"Namun, itu tidak berarti risiko (gempa bumi besar) telah hilang," kata Matsumura kepada wartawan sebagaimana dilansir IDenesia dari Outlook, Kamis, 15 Agustus 2024.

"Kami telah meminta tindakan pencegahan khusus, seperti tidur sambil bersiap untuk segera mengungsi. Namun, kami tidak akan meminta langkah-langkah ini lagi, dan masyarakat Jepang bebas untuk kembali ke gaya hidup normal," tambahnya.

Peringatan terkait gempa bumi berkekuatan sedikitnya 9 Skala Richter bukanlah prediksi pasti, tetapi Badan Meteorologi menghimbau warga untuk tetap berada di dalam rumah dan bersiap jika terjadi bencana alam lain.

Perdana Menteri Fumio Kishida sebelumnya membatalkan lawatan diplomatik di Asia Tengah dan Mongolia untuk memprioritaskan penanggulangan bencana di negara tersebut.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross