Bupati Bulukumba serahan mobil ambulans ke puskesmas dan rummah sakit (Foto: IG Pemkab Bulukumba)

13 Puskesmas dan 1 RS di Bulukumba Dapat Ambulans, Ini Sumber Anggarannya

Publish by IDenesia on 20 August 2024

NEWS, IDenesia.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), menyerahkan ambulans kepada 13 puskesmas dan 1 rumah sakit. Pengadaan mobil ambulans ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan pada tahun anggaran 2024.

Penyerahan mobil ambulans dilakukan langsung oleh Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, di halaman Kantor Bupati pada Senin, 19 Agustus 2024. Dalam kesempatan tersebut, ambulans diserahkan kepada RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja serta 5 puskesmas di sela Apel Gabungan OPD Lingkup Pemkab Bulukumba.

Kepala Dinas Kesehatan Bulukumba, dr. Amrullah, mengungkapkan, sebanyak delapan puskesmas sudah menerima ambulans beberapa hari yang lalu.

"Jadi total ambulans yang diserahkan tahun ini sebanyak 13 untuk puskesmas, ditambah 1 unit untuk RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja," jelas Amrullah.

Sementara itu, Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf mengingatkan para kepala puskesmas agar menjaga dan merawat ambulans yang baru diterima dengan baik. 

"Kendaraan ambulans ini harus dijaga dan dirawat sebaik mungkin," tegasnya.

Andi Utta, sapaan akrab Bupati Bulukumba, menambahkan pegawai atau pejabat yang menerima kendaraan operasional seharusnya bersyukur karena tidak perlu membeli kendaraan secara pribadi. Oleh karena itu, kendaraan tersebut harus dijaga dan dipelihara dengan baik.

Kepala Puskesmas Tanete, H. Syafril, menyampaikan terima kasih atas bantuan ambulans baru tersebut. Sebab kata dia, ambulans yang gunakan selama ini merupakan pengadaan tahun 2017. Dengan demikian dengan adanya ambulans baru ini memudahkan mobilitas operasional Puskesmas Tanete.

“Tentu ambulans baru ini, membantu meningkatkan kinerja Puskesmas, terutama dalam mobilitas membawa pasien,” bebernya.

Daftar Penerima Kendaraan Ambulans Tahun 2024:

  1. RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja
  2. Puskesmas Gattareng
  3. Puskesmas Kajang
  4. Puskesmas Karassing
  5. Puskesmas Tanah Toa
  6. Puskesmas Tanete
  7. Puskesmas Balang Taroang
  8. Puskesmas Batang
  9. Puskesmas Bontobahari
  10. Puskesmas Bontobangun
  11. Puskesmas Borong Rappoa
  12. Puskesmas Ponre
  13. Puskesmas Salassae
  14. Puskesmas Ujungloe

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross