Presiden Botswana Mokgweetsi Masisi memeriksa berlian besar yang ditemukan di Botswana di kantornya di Gaborone pada 22 Agustus 2024. (Foto: Monirul Bhuiyan, AFP)

Berlian 2.492 Karat, Terbesar Kedua di Dunia Ditemukan di Botswana

Publish by Redaksi on 23 August 2024

NEWS, IDenesia.id--Berlian besar seberat 2.492 karat ditemukan di Botswana, perusahaan pertambangan Kanada yang menemukan batu itu mengumumkan pada hari Kamis.

Lucara Diamond Corp. dalam sebuah pernyataan mengatakan berlian itu ditemukan di Tambang Berlian Karowe di timur laut Botswana menggunakan teknologi deteksi sinar-X.

Lucara tidak menyebutkan nilai temuan itu atau menyebutkan kualitasnya. Namun dalam hal karat, batu tersebut berada di urutan kedua setelah Berlian Cullinan 3.016 karat yang ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905.

"Kami sangat gembira atas penemuan berlian 2.492 karat yang luar biasa ini," kata presiden Lucara William Lamb dalam pernyataan tersebut sebagaimana dilansir IDenesia dari France 24, Jumat, 23 Agustus 2024.

Gambar yang dirilis oleh perusahaan itu menunjukkan berlian tersebut sebesar telapak tangan.

Penemuan ini merupakan salah satu berlian kasar terbesar yang pernah ditemukan dan dideteksi menggunakan teknologi Mega Diamond Recovery X-ray milik perusahaan yang dipasang pada tahun 2017 untuk mengidentifikasi dan mengawetkan berlian besar dan bernilai tinggi.

Presiden Botswana Mokgweetsi Masisi melihat batu besar tersebut pada hari Kamis. Pemerintahnya mengatakan bahwa itu adalah yang terbesar kedua di dunia.

Tobias Kormind, direktur pelaksana perusahaan perhiasan berlian daring terbesar di Eropa, 77 Diamonds, mengonfirmasi bahwa itu adalah berlian mentah terbesar yang pernah ditemukan sejak Berlian Cullinan, yang sebagiannya menghiasi permata mahkota Inggris.

”Penemuan ini sebagian besar berkat teknologi baru yang memungkinkan berlian yang lebih besar diekstraksi dari tanah tanpa pecah berkeping-keping. Jadi, kemungkinan besar kita akan melihat lebih banyak lagi asal usulnya," katanya.

Botswana adalah salah satu produsen berlian terbesar di dunia, sumber pendapatan utamanya, yang mencakup 30 persen PDB dan 80 persen ekspornya.

Sebelum penemuan itu diumumkan pada hari Kamis, berlian terbesar yang ditemukan di Botswana adalah batu seberat 1.758 karat yang ditambang oleh Lucara di tambang Karowe pada tahun 2019 dan diberi nama Sewelo.

Lucara menemukan batu berlian 1.174 karat di Botswana pada tahun 2021 menggunakan teknologi sinar-X yang sama.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross