Striker PSM, Nermin Haljeta saat melawan Arema FC (Foto: IG PSM Makassar).

Statistik PSM Makassar vs Arema FC: Juku Eja Gagal Memaksimalkan Peluang

Publish by IDenesia on 16 September 2024

NEWS, IDenesia.id - PSM Makassar harus menelan kekalahan perdana di Liga 1 2024/2025 saat menghadapi Arema FC. Juku Eja kalah tipis 0-1 atas Singo Edan.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, Minggu, 15 September 2024. Arema FC menang berkat gol tunggal Dalberto melalui sundulan, memanfaatkan umpan dari Wilian Marcilio. 

Kekalahan ini menghentikan tren positif PSM di awal musim yang meraih 3 kemenangan dan 1 kali imbang. Sementara bagi Arema FC, ini adalah kemenangan perdana mereka di musim ini.

Secara permainan, tim besutan Bernardo Tavares tampil dominan dengan banyak menciptakan peluang. Hanya saja Arema FC yang mengandalkan serangan balik justru lebih efektif dalam memanfaatkan peluang.

"Selamat untuk Arema. Kami punya banyak peluang dan percobaan tembakan yang lebih baik, tapi mereka hanya punya satu peluang dan berhasil mencetak gol," ujar pelatih PSM, Bernardo Tavares, seusai pertandingan.

Berdasarkan data dari akun resmi Liga 1, PSM Makassar mencatatkan penguasaan bola sebesar 45 persen, sementara Arema FC lebih unggul dengan 55 persen. 

Meski kalah dalam penguasaan bola, PSM unggul dalam jumlah tembakan dengan 10 percobaan, tiga di antaranya tepat sasaran. Sementara Arema hanya melepaskan delapan tembakan, tiga di antaranya mengarah ke gawang.

Dari segi operan, PSM melepaskan 311 umpan dengan akurasi 69 persen, kalah dari Arema yang mencatatkan 355 umpan dengan akurasi 73 persen. Dalam hal umpan silang, PSM lebih unggul dengan 13 kali percobaan, dibandingkan Arema yang hanya melakukan enam kali umpan silang.

Di lini pertahanan, PSM mencatatkan 13 tekel, 32 intersep, dan 7 sapuan. Sementara Arema lebih tangguh dengan 20 tekel, 23 intersep, dan 17 sapuan.

Hasil tersebut membuat PSM Makassar untuk sementara waktu turun ke peringkat kedua dengan 10 poin. Juku Eja digeser Borneo FC lantaran kalah dari segi jumlah kebobolan.

Statistik Lengkap Pertandingan PSM Makassar vs Arema FC:

  • Penguasaan Bola: PSM 45% - 55% Arema
  • Tembakan: PSM 10 (3 on target) - 8 (3 on target) Arema
  • Umpan: PSM 311 (69% akurasi) - 355 (73% akurasi) Arema
  • Umpan Silang: PSM 13 - 6 Arema
  • Tekel: PSM 13 - 20 Arema
  • Intersep: PSM 32 - 23 Arema
  • Sapuan: PSM 7 - 17 Arema

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross