Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani, Saat Mewakili Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Dalam Peresmian Gedung BPPAP Mendag RI, Di Graha Sucofindo Makassar (Foto : Humas Pemprov Sulsel).

Abdul Hayat Resmi Dilantik Jadi Pj Wali Kota Parepare Gantikan Akbar Ali

Publish by IDenesia on 18 September 2024

NEWS, IDenesia.id - Abdul Hayat Gani resmi menjabat sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota (Walkot) Parepare setelah dilantik oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh. Abdul Hayat Gani menggantikan Akbar Ali, yang sebelumnya menjabat sebagai Pj Walkot Parepare.

Staf Ahli Gubernur Sulsel Bidang Kesejahteraan Rakyat Abdul Hayat Gani, dilantik di Aula Tudang Sipulung, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jalan Sungai Tangka, Makassar, Rabu, 18 September 2024. 

Dirangkum IDenesia dari berbagai sumber, Rabu, 18 September 2024, pelantikan Abdul Hayat berlangsung khidmat. Turut hadir Pj Walkot sebelumnya Akbar Ali sekaligus menerima piagam penghargaan atas kinerjanya selama menjabat.

Pembacaan Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dilakukan oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah (Setda) Sulsel, Idham Kadir. 

Setelah itu, Abdul Hayat dipersilakan naik ke panggung untuk mengikuti prosesi pelantikan, di mana Zudan Arif Fakrulloh memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti oleh Abdul Hayat.

Sebagai catatan, Akbar Ali dilantik sebagai Pj Wali Kota Parepare pada 31 Oktober 2023, menggantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare periode 2013-2023, Taufan Pawe dan Pangerang Rahim. Namun, Kemendagri kemudian mencopot Akbar Ali melalui SK Nomor 100.2.1.3-3700 Tahun 2024, yang ditandatangani oleh Mendagri Tito Karnavian di Jakarta pada 9 September 2024.

Dalam SK tersebut, Mendagri juga menetapkan Abdul Hayat sebagai Pj Wali Kota Parepare dengan masa jabatan paling lama satu tahun, efektif sejak tanggal pelantikan. Akbar Ali sendiri akan kembali bertugas di Kementerian Dalam Negeri.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross