Ilustrasi (Foto: bukalapak.com)

Sejarah Hari Ini, 19 September: Hari Pejuang Perempuan

Publish by IDenesia on 19 September 2024

NEWS, IDenesia.id - Tanggal 19 September diperingati sebagai Hari Pejuang Perempuan Nasional. Peringatan ini sebagai penghormatan kepada perjuangan para perempuan pekerja yang berhasil meraih kesuksesan dan memberikan pengaruh di berbagai sektor.

Disadur IDenesia dari laman National Today, Kamis, 19 September 2024, perempuan sejak dulu sudah memberikan kontribusi besar bagi kemajuan ekonomi dan dunia kerja. Pada tahun 1850-an, misalnya, perempuan mulai memelopori bidang ekonomi rumah tangga dan pekerjaan sosial. Peran mereka semakin berkembang seiring berjalannya waktu.

Memasuki awal abad ke-20, perubahan besar terjadi di dunia kerja. Banyak perempuan yang tampil di garis depan, seperti Coco Chanel dan Elizabeth Arden, yang mendirikan merek-merek terkenal dan menjadi ikon global dalam industri mode dan kecantikan.

Selama periode 1940 hingga 1945, saat Perang Dunia II berlangsung, jumlah perempuan yang bekerja meningkat signifikan hingga hampir 10 persen. Saat banyak laki-laki pergi ke medan perang, perempuan mengambil peran penting di sektor-sektor ekonomi, meskipun sebagian besar bisnis yang mereka jalankan masih berbasis rumahan. Mereka tetap mampu menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Salah satu contoh perempuan tangguh adalah Mary Kay Ash, yang memulai kariernya dengan menjual buku dari pintu ke pintu selama Perang Dunia II. Pada tahun 1963, ia mendirikan perusahaan kecantikan yang kini dikenal sebagai Beauty by Mary Kay, sebuah bisnis yang tumbuh pesat hingga mendunia.

Di penghujung abad ke-20, semakin banyak perempuan yang memasuki dunia kerja dan menjadi pengusaha. Sosok seperti Madonna dan Oprah Winfrey turut membangun imperium bisnis mereka dan menjadi ikon global di bidang hiburan dan bisnis.

Peran perempuan dalam dunia profesional terus berkembang, termasuk di bidang pendidikan. Pada tahun 2016, sekitar 37 persen dari mahasiswa program MBA penuh waktu adalah perempuan. Banyak di antara mereka yang kemudian menempati posisi manajerial yang menuntut mobilitas tinggi dan kerap melakukan perjalanan.

Hari Pejuang Perempuan Nasional ini menjadi pengingat akan perjuangan dan kontribusi besar perempuan dalam berbagai bidang, serta pentingnya mendukung peran mereka di dunia kerja.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross