Ilustrasi Cuaca Panas (Foto: Pixabay)

BMKG Prediksi Suhu Panas di Makassar Capai 37 Derajat Celcius, Terasa Sampai Oktober

Publish by IDenesia on 21 September 2024

NEWS, IDenesia.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memprediksi suhu panas di sejumlah wilayah Sulawesi Selatan akan meningkat selama musim kemarau. BMKG memperkirakan suhu di Kota Makassar dan beberapa daerah di Sulsel dapat mencapai hingga 37 derajat Celsius.

"Pantauan suhu harian saat ini berkisar antara 34°C hingga 36°C, namun tidak menutup kemungkinan suhu akan mencapai 37°C," ujar Forecaster On Duty BMKG, Sitti Nurhayati Hamzah, dalam keterangan yang diterima IDenesia, Sabtu, 21 September 2024.

Sitti menjelaskan, kondisi cuaca panas di Makassar dan Sulsel diperkirakan akan sangat terasa mulai 23 September 2024 hingga Oktober mendatang. Fenomena ini disebabkan oleh posisi matahari yang berada tepat di atas garis ekuator sebelum bergerak menuju Belahan Bumi Selatan (BBS).

“Diperkirakan cuaca panas ini diperkirakan bisa sampai bulan Oktober nanti,” tambahnya.

Dia menegaskan, kondisi ini diperkuat oleh musim kemarau yang tengah berlangsung, serta posisi wilayah Sulsel yang dekat dengan garis ekuator, menyebabkan wilayah ini menerima paparan sinar matahari yang lebih intens.

“pada saat musim kemarau dan posisi matahari berada di ekuator menyebabkan wilayah kita semakin banyak menerima panas dari matahari yang posisi wilayahnya sangat dekat dengan garis ekuator yang mengakibatkan suhu udara semakin meningkat,” jelas Sitti.

Selain itu, rendahnya curah hujan turut memberikan dampak terhadap tingginya suhu panas di Makassar dan beberapa wilayah di Sulsel. Sebab hal ini mengakibatkan penurunan cadangan air tanah di beberapa wilayah.

“Kekurangan tutupan awan serta minimnya curah hujan menyebabkan daratan menerima panas matahari lebih banyak, yang tidak hanya meningkatkan suhu tetapi juga mengurangi cadangan air tanah,” pungkasnya.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross