Landasan pacu Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN). (Foto: Kemenhub)

Pesawat Kepresidenan Batal Mendarat, Bandara IKN akan DItes Hercules

Publish by Redaksi on 21 September 2024

NEWS, IDenesia.id—Pesawat Kepresidenan yang ditumpangi oleh Presiden Joko Widodo batal mendarat di Bandara Ibu Kota Negara (IKN), Kamis, 12 September 2024. Hal ini disampaikan Jokowi saat berpidato pada peresmian Hotel Nusantara Swissotel di IKN.

Menurut Jokowi, dirinya sebenarnya ingin mendarat di bandara baru itu, akan tetapi ternyata kondisinya belum memungkinkan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sendiri memastikan Bandara IKN sudah siap didarati oleh pesawat Kepresidenan yang ditumpangi Presiden RI.

“Kami sudah landing di Bandara IKN dan hasilnya mulus. Alhamdulillah tidak ada masalah apa-apa,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Sabtu, 21 September 2024 sebagaimana dilansir IDenesia dari rri.co.id.

Meski begitu, Menhub menyampaikan bahwa beberapa hari kedepan, jajarannya bekerja sama dengan TNI Angkatan Udara akan melakukan tes pendaratan pesawat Hercules.

Tes ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan bandara dalam melayani pendaratan pesawat dengan ukuran yang mirip oleh pesawat Kepresidenan.

“Pesawat sejenis yang digunakan Presiden akan kami coba mendarat di Bandara IKN. Jadi tidak ada isu aman tidak aman, memang prosedur suatu bandara demikian," tegas Menhub.

Presiden Joko Widodo juga sudah menyinggung uji coba ini. "Harus dicoba lagi dengan pesawat yang sama dengan yang kita pakai,” kata Jokowi.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross