Gempa melanda Kota Sukabumi pada Selasa, 24 September 2024 pagi. (Foto: X/BMKG)

Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Gorontalo, Sukabumi Magnitudo 4,4 

Publish by Redaksi on 24 September 2024

NEWS, IDenesia.id—Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 mengguncang Gorontalo, Selasa, 24 September 2024. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa tersebut terjadi pada pukul 03.51 Wita.

Gempa berkekuatan besar itu dirasakan cukup luas di wilayah Provinsi Gorontalo. Getaran gempa dirasakan di Kotamobagu, Bolaang Mongondow Selatan, dan Pohuwato dengan skala III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI).

Selain itu, getaran juga dirasakan warga di Kabupaten Gorontalo, Kota Gorontalo, dan Gorontalo Utara dengan skala III MMI. Makanya, masyarakat diminta untuk tetap waspada terkait potensi gempa susulan.

"Gempa tidak berpotensi tsunami. Masyarakat di wilayah terdampak diimbau untuk waspada atas kemungkinan gempa susulan," tulis BMKG dalam pengumumannya sebagaimana dilansir IDenesia, Selasa , 24 September 2024.

BMKG menyebut, pusat gempa berada di laut 74 km barat daya Gorontalo. Adapun koordinat gempa berada pada 0.11 Lintang Selatan (LS) dan 122.92 Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 145 km.

Selain Gorontalo, gempa juga melanda Sukabumi hari ini. Pengumuman BMKG lewat akun X resmi mereka. @infoBMKG menyebut gempa terjadi pukul 07.53 Wita dan berkekuatan magnitudo 4,4.

"Pusat gempa berada di laut 65 km tenggara Kota Sukabumi, Kedalaman 61 Km Dirasakan (MMI) III Cianjur Selatan, II Bogor, II Bayah, II Lebak, II-III Kab. Sukabumi, II Kab. Bandung, II Kab. Garut," tulis akun X BMKG.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross