Ilustrasi: Tsunami melanda Jepang (Foto: India Today)

Tsunami Landa Jepang setelah Gempa 5,9 Skala Richter

Publish by Redaksi on 24 September 2024

NEWS, IDenesia.id—Tsunami melanda Jepang setelah gempa berkekuatan 5,9 skala Richter menghantam pulau tak berpenghuni di Samudra Pasifik pada hari Selasa, 24 September 2024.

Menurut Badan Meteorologi Jepang, tsunami setinggi 50 cm memasuki pulau Hachijo, salah satu pulau Izu, sekitar 40 menit setelah gempa bumi.

Badan cuaca setempat mengatakan, tsunami yang lebih kecil telah terdeteksi di tiga pulau lainnya, Kozushima, Miyakejima, dan Izu Oshima.

Tidak ada korban yang dilaporkan akibat tsunami atau gempa bumi tersebuti. Namun, badan cuaca telah mengeluarkan peringatan tsunami setinggi sekitar 1 meter untuk pulau Izu dan Ogasawara.

The Associated Press sebagaimana dilansir IDenesia dari India Today, Selasa, 24 September 2024 melaporkan sekitar 21.500 orang tinggal di pulau-pulau di gugus Izu dan 2.500 orang di Kepulauan Ogasawara.

Sementara itu, hujan lebat melanda wilayah Noto di Jepang tengah pada hari Sabtu, menewaskan sedikitnya satu orang dan lebih dari tujuh orang dilaporkan hilang.

Curah hujan per jam mencapai rekor 121 mm pada Sabtu pagi di Wajima, sementara Suzu yang berdekatan menerima 84,5 mm dalam satu jam, juga tertinggi sepanjang masa.

Gempa bumi berkekuatan 7,6 skala Richter melanda Suzu, Wajima dan daerah sekitarnya di Jepang pada bulan Januari tahun ini, menewaskan lebih dari 300 orang.

Jepang terletak di Cincin Api Pasifik, serangkaian patahan seismik di Samudra Pasifik, dan merupakan salah satu negara yang paling rawan gempa bumi dan tsunami di dunia.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross