Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (Foto: Istimewa).

Petinggi KPK Saling Tunjuk Umumkan Kesimpulan Gratifikasi Jet Kaesang, tidak Ada yang Berani?

Publish by Redaksi on 24 September 2024

NEWS, IDenesia.id—Petinggi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saling tunjuk untuk mengumumkan kesimpulan dugaan gratifikasi jet pribadi putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan mengaku sudah merampungkan hasil klarifikasi penggunaan jet pribadi itu dan menyerahkan hasilnya ke pimpinan untuk diumumkan.

Namun, Ketua Sementara KPK Nawawi Pomolango malah balas meminta Pahala Nainggolan untuk mengumumkan sendiri hasil telaahan tersebut.

"Enggak ada perintah Pak Pahala untuk pimpinan untuk mengumumkan apa yang dia kerjakan. Biar aja yang dikerjakan Pak Pahala biar dia umumkan sendiri saja," kata Nawawi di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 24 September 2024 sebagaimana dilansir IDenesia dari rri.co.id.

Nawawi malah menegaskan bahwa pihaknya belum mendapatkan laporan hasil analisis tersebut. Ia juga menyebut kalau selama ini yang membuat pernyataan terkait pelaporan Kaesang adalah dari Deputi Pencegahan KPK.

Makanya, Nawawi meminta Pahala yang menyampaikan sendiri hasil telaahan tersebut. "Nanti Pak Pahala aja yang umumkan," ujanya.

Sebelumnya, Pahala Nainggolan mengatakan telah merampungkan hasil klarifikasi penggunaan jet pribadi oleh Kaesang Pangarep dan memberikan hasilnya ke pimpinan KPK.

"Sudah rampung. Hari ini saya kirim ke pimpinan, nanti pimpinan yang umumkan," kata Pahala saat dikonfirmasi, Senin, 23 September 2024.

Saat itu, Pahala mengatakan bahwa kemungkinan pimpinan akan menyampaikan hasil telaah itu ke publik hari ini. "Kayaknya besok (hari ini) ya," kata Pahala.

Pada Selasa, 17 September 2024, Kaesang datang ke Gedung ACLC KPK C1, Jakarta Selatan untuk memberikan klarifikasi kepada Direktorat Gratifikasi KPK.

Saat itu, putra bungsu Jokowi itu membantah fasilitas pesawat jet pribadi yang diterimanya saat ia berkunjung ke Amerika memiliki unsur gratifikasi. Ketua Umum PSI itu menegaskan dirinya hanya nebeng pesawat temannya yang berinisial Y. Sosok Y ini disebut-sebut adalah bos Sea Limited Gang Ye.

Dalih Kaesang bahwa ia hanya nebeg belakangan memunculkan sorotan lain. Pasalnya, pemilik jet ternyata tidak ada dalam pesawat tersebut. Selain kru, pesawat itu hanya mengangkut Kaesang, istrinya, kakak ipar, serta satu staf.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross