Presiden Joko Widodo didampingi Mensesneg Pratikno (kanan) di kantor Presiden di IKN (Foto: Dok RRI/Tegar)

Kampanye Pilkada Dimulai, Jokowi Titip Pesan Singkat, DPR: Hindari Kampanye Hitam

Publish by Redaksi on 25 September 2024

NEWS, IDenesia.id—Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan kepada seluruh calon kepala daerah yang mulai melaksanakan kampanye hari ini. Ia meminta semua pasangan calon semangat.

"Ya, saya berpesan agar berkampanye dengan semangat," kata Jokowi usai groundbreaking proyek superblock Delonix Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu, 25 September 2024 sebagaimana dilansir IDenesia dari rri.co.id.

Sementara itu, Komisi II DPR RI mengingatkan kepada peserta Pilkada 2024 untuk berkampanye tanpa menggunakan cara-cara yang negatif seperti kampanye hitam.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung memandang penting bagi pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah untuk membangun demokrasi yang sehat selama Pilkada 2024 berlangsung.

"Tentu kami berharap pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah itu bisa berkampanye menyampaikan visi, misi, dan program yang baik untuk kemajuan di daerah itu. Ini penting karena kita mencari sosok pemimpin yang betul-betul kredibel, yang bagus, untuk memimpin daerah lima tahun ke depan," kata Doli di Gedung Nusantara, Senayan sebagaimana dilansir IDenesia dari situs resmi DPR RI.

Berdasarkan PKPU Nomor 2/2024, tahapan pelaksanaan kampanye Pilkada 2024 dimulai pada 25 September hingga 23 November 2024. Setelah itu Pilkada memasuki masa tenang selama tiga hari sebelum kemudian dilakukan pemungutan suara.

KPU menyebut terdapat 1.553 pasangan calon yang berkontestasi dalam pilkada serentak tahun ini. Menurut Ketua KPU, Mochammad Afifuddin, mereka akan berupaya memfasilitasi kegiatan kampanye para calon dengan nuansa kegembiraan.

Para calon kata dia harus mengedepankan adu gagasan dan visi-misi selama kampanye. "Sehingga nanti bisa tercipta kontestasi pilkada yang sehat," ujarnya.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross