Ilustrasi hari pariwisata dunia (Foto: lovepink.com).

Sejarah Hari Ini, 27 September: Hari Pariwisata Dunia

Publish by IDenesia on 27 September 2024

NEWS, IDenesia.id - Setiap tanggal 27 September diperingati sebagai Hari Pariwisata Dunia. Perayaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pariwisata yang inklusif dan dapat diakses di seluruh dunia.

Disadur IDenesia dari laman National Today, Kamis, 27 September 2024, Hari Pariwisata Dunia merupakan inisiatif yang lahir dari organisasi khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertujuan untuk memajukan sektor pariwisata sebagai pilar pembangunan.

Peringatan ini pertama kali dirayakan pada tahun 1980, bertepatan dengan adopsi Statuta Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) pada tahun 1970. Statuta tersebut menjadi dasar pembentukan UNWTO lima tahun kemudian.

Tanggal 27 September dipilih secara khusus karena berada di akhir musim liburan di belahan bumi utara dan awal musim di belahan bumi selatan. Momen ini dianggap ideal untuk merayakan kontribusi pariwisata terhadap ekonomi dan masyarakat.

Menurut PBB, pariwisata berkelanjutan memiliki potensi besar untuk mendorong transformasi sosial, menciptakan lapangan kerja, mempromosikan inklusivitas, dan memperkuat ekonomi lokal.

Selain itu, pariwisata juga dinilai mampu meningkatkan saling ketergantungan ekonomi antarnegara, sehingga mendorong kerja sama dan perdamaian global.

Tak hanya itu, Hari Pariwisata Dunia ditujukan mengajak masyarakat dunia untuk lebih sadar akan pentingnya pengembangan pariwisata yang berkelanjutan, sekaligus mendukung penciptaan hubungan yang harmonis antara negara melalui sektor ini.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross