FIFA memberi sanksi kepada Emiliano Martinez (Foto: AFP)

Dianggap Kurang Ajar, FIFA Hukum Kiper Argentina Emiliano Martinez

Publish by Redaksi on 28 September 2024

NEWS, IDenesia.id—FIFA menjatuhkan hukuman larangan dua pertandingan kepada kiper Argentina Emiliano Martinez. Sanksi diberikan kepada penjaga gawang Aston Villa itu karena perilaku menyinggung.

Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) mengumumkan pada hari Sabtu bahwa pemenang Piala Dunia 2022 itu  juga dinyatakan bersalah karena melanggar prinsip fairplay dalam dua episode terpisah.

Pemain berusia 32 tahun itu terbukti melanggar kode etik FIFA saat memegang replika trofi Copa America di selangkangannya setelah pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Cile pada 5 September.

Ini bukan pertama kalinya Martinez melakukan tindakan kurang ajar seperti itu. Ia juga melakukannya saat menerima trofi Sarung Tangan Emas sebagai penjaga gawang terbaik setelah Argentina mengalahkan Prancis melalui adu penalti di final Piala Dunia 2022.

FIFA juga menjatuhkan sanksi kepadanya karena memukul kamera juru kamera TV dengan sarung tangannya setelah mereka kalah 2-1 dari Kolombia pada 10 September lalu.

Sebagaimana dilansir IDenesia dari NDTV Sports, Sabtu, 28 September 2024, AFA menyatakan ketidakpuasan mereka dengan putusan FIFA tersebut.

"Perlu dicatat bahwa Asosiasi Sepak Bola Argentina menyatakan ketidaksetujuannya sepenuhnya dengan keputusan yang diambil oleh komite disiplin FIFA," kata AFA dalam sebuah pernyataan.

Akibat keputusan tersebut, kiper yang merupakan anggota kunci tim Argentina yang memenangkan Copa America pada bulan Juli, serta edisi 2021 akan absen dalam kualifikasi Piala Dunia melawan Venezuela pada tanggal 10 Oktober dan Bolivia pada tanggal 15 Oktober.

Argentina saat ini berada di puncak klasemen kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan dengan 18 poin setelah delapan pertandingan. Mereka unggul dua poin di atas Kolombia.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross