Ilustrasi Cuaca (Foto: Freepik frostooleh).

Penjelasan BMKG Soal Makassar Diguyur Hujan Pagi Hari: Mulai Masuk Peralihan Musim

Publish by IDenesia on 3 October 2024

NEWS, IDenesia.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan terkait hujan ringan yang mengguyur sebagian wilayah di Kota makassar dan sekitarnya. BMKG mengungkapkan hujan tersebut merupakan pertanda memasuki peralihan musim kemarau ke musim penghujan.

“Saat ini masih masa peralihan musim ke musim hujan, ujar Prakirawan BMKG wilayah IV Makassar yang diterima IDenesia, Kamis, 3 Oktober 2024.

BMKG menjabarkan, hujan yang terjadi merupakan hujan skala lokal yang mengguyur sebagian wilayah di Makassar dan sekitarnya. Hanya saja, hujan jenis ini sulit dideteksi atau diperkirakan lantaran tipe pembentukan awannya yang relatif cepat.

“Hujan yang terjadi pagi ini diakibatkan oleh awan-awan konvektif kecil dengan skala lokal karena pemantauan dari citra satelit tidak terdeteksi awan tersebut,” ujarnya.

“Hujan yang terjadi pun hanya sebagian wilayah makassar dan sekitarnya yang mengalami hujan ringan,” tambah BMKG.

BMKG sendiri memperkirakan wilayah Makassar dan sekitarnya masih akan diguyur hujan ringan hingga sedang sampai memasuki musim hujan pada dasarian tiga di bulan Oktober.

“Awal Musim Hujan ditentukan berdasarkan jumlah curah hujan dalam satu dasarian sama atau lebih dari 50 milimeter dan diikuti oleh 2 (dua) dasarian berikutnya,” pungkasnya.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross