Siswa SD Islam Athirah 1 Makassar serius mengikuti program sister school (Foto: IDenesiafile).

SD Islam Athirah 1 Makassar Bareng Ganseok Elementary School Luncurkan Program Sister School

Publish by IDenesia on 8 October 2024

NEWS, IDenesia.id - SD Islam Athirah 1 Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) meluncurkan program sister school dengan Ganseok Elementary School, Seoul, Korea Selatan. Program ini bertujuan untuk memperluas wawasan para siswa dan menginspirasi mereka dalam pengembangan potensi diri dengan standar global.

“Program ini penting untuk mendorong siswa memiliki standar dan wawasan global dalam pengembangan diri mereka,” ujar Kepala SD Islam Athirah 1 Makassar, Khasan, S.Pd, M.M, kepada IDenesia, Selasa, 8 Oktober 2024.

Program sister school yang pertama kalinya diadakan SD Islam Athirah 1 Makassar diikuti sebanyak 50 siswa kelas 6 SD Islam Athirah 1 Makassar. Mereka mengikuti pembelajaran bersama siswa Ganseok Elementary School melalui platform daring.

"Ini adalah proyek percontohan kami. Tahun depan, kami berencana memperluas kerja sama ke sekolah-sekolah di Eropa, selain Ganseok yang berada di Asia,” jelas Khasan.

Siswa sekolah dasar (SD) Islam Athirah 1 Makassar mengikuti program sister school (Foto: IDenesiafile).

Pada pertemuan pertama, para siswa diajarkan membuat permainan tradisional Korea, Jegi, menggunakan kertas yang diisi dengan koin.

Khasan menjelaskan, Korea Selatan dipilih sebagai mitra karena sistem pendidikan di sana telah menerapkan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Hal ini dinilai lebih maju dibandingkan beberapa negara lain, termasuk Jepang.

“STEM kami anggap sebagai salah satu kunci keberhasilan pendidikan di Korea Selatan,” ujarnya.

Untuk diketahui, program sister school ini akan berlangsung hingga Januari 2025, dengan fokus pada pengenalan budaya Indonesia dan Korea. Pada Mei 2025, siswa SD Islam Athirah 1 Makassar dijadwalkan mengunjungi langsung Ganseok Elementary School di Korea Selatan.

Guru saat menerangkan program sister school bagi siswa SD Islam Athirah 1 Makassar (Foto: IDenesiafile).

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross