Ilustrasi hari pos sedunia (Foto: holopis.com).

Sejarah Hari Ini, 9 Oktober: Hari Pos Sedunia

Publish by IDenesia on 9 October 2024

NEWS, IDenesia.id - Hari Pos Sedunia diperingati setiap tanggal 9 Oktober. Peringatan ini sebagai momen untuk mengenang dan merayakan peran layanan pos dalam sejarah komunikasi dunia.

Disadur IDenesia dari laman National Today, Selasa, 8 Oktober 2024, layanan pos pertama kali muncul di Mesir Kuno sekitar tahun 2500 SM. Sedangkan, layanan pos resmi tertua tercatat di Iran pada tahun 550 SM.

Berbagai peradaban kala itu memanfaatkan jasa kurir untuk mengirim surat, pesan, berita, dan paket melintasi wilayah yang luas, yang kemudian menginspirasi konsep tukang pos modern. Di Amerika Serikat, layanan pos dimulai pada tahun 1775, ketika Benjamin Franklin diangkat sebagai Kepala Pos pertama.

Pada 9 Oktober 1874, Persatuan Pos Universal (Universal Postal Union/UPU) dibentuk untuk mengatur kerja sama layanan pos antarnegara. Organisasi ini berperan penting dalam memastikan kelancaran pengiriman surat di seluruh dunia, dari satu sudut ke sudut lainnya.

Pada tahun 1969, Hari Pos Sedunia secara resmi ditetapkan di Kongres UPU di Tokyo. Setiap tahun, 192 negara anggota UPU memperingati Hari Pos Sedunia dengan beragam kegiatan, termasuk pameran perangko dan peluncuran inisiatif pos baru.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross