Persentase pasien asing yang menjalani operasi plastik di Korea Selatan meningkat drastis. (Foto: ABC News)

Korea Selatan Diserbu Pasien Asing yang Ingin Cantik

Publish by Redaksi on 9 October 2024

NEWS, IDenesia.id—Ingin cantik? Mungkin terbang ke Korea Selatan adalah salah satu pilihan. Saat ini, Korsel diserbu pasien yang ingin tampak menawan dipandang mata.

Rumah sakit dan klinik Korea Selatan diserbu pasien asing untuk perawatan kecantikan. Ada lonjakan pasien luar biasa dari luar negeri sejak pandemi Covid-19. Terutama untuk operasi plastik dan perawatan kulit.

Data pemerintah pada 8 Oktober, sebanyak 239.060 dan 114.074 pasien internasional masing-masing menerima perawatan dermatologis dan operasi plastik, yang mencakup hampir 52 persen dari 678.799 warga negara asing di Korea Selatan yang menerima layanan medis di rumah sakit dan klinik pada tahun 2023.

Angka-angka tersebut berasal dari laporan Kementerian Kesehatan tentang pasien asing yang diserahkan kepada Nam In-soon dari Partai Demokrat Korea.

Data tersebut tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang warga negara mana yang lebih sering menggunakan layanan kecantikan di negara tersebut.

Namun, secara keseluruhan, persentase pasien asing yang menjalani operasi plastik meningkat sebesar 26 persen, dari 90.494 pasien pada tahun 2019 menjadi 114.074 pada tahun 2023.

Demikian pula, jumlah pasien yang menerima perawatan dermatologis mengalami peningkatan tiga kali lipat dalam periode yang sama, melonjak dari 85.194 menjadi 239.060.

Yang lainnya datang ke Korea untuk mengunjungi dokter gigi, dokter mata, dan dokter ortopedi.

Nam menyarankan bahwa konsentrasi pada pariwisata perawatan kecantikan dapat menyebabkan penurunan kualitas layanan perawatan kesehatan.

“Kita perlu mencapai pertumbuhan yang seimbang dalam berbagai spesialisasi medis, seperti perawatan untuk penyakit serius, dan meningkatkan daya saing internasional negara ini dalam berbagai bidang medis untuk menarik pasien asing,” kata Nam sebagaimana dilansir IDenesia dari The Straits Times, Rabu, 9 Oktober 2024.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross