Ilustrasi hari petani (Foto: sidoarjokini.com).

Sejarah Hari Ini, 12 Oktober: Hari Petani

Publish by IDenesia on 12 October 2024

NEWS, IDenesia.id - Hari Petani diperingati setiap tahun pada tanggal 12 Oktober. peringatan ini sebagai penghormatan terhadap profesi bertani yang telah ada selama lebih dari 12.000 tahun.

Disadur IDenesia dari laman National Today, Sabtu, 12 Oktober 2024, peringatan ini awalnya dikenal sebagai hari petani tua. Namun kemudian berkembang menjadi Hari Petani Nasional.

Tanggal 12 Oktober dipilih karena bertepatan dengan akhir masa panen tradisional, yang memungkinkan para petani ikut serta dalam perayaan, yang seringkali berlangsung sepanjang bulan. Setiap tiga tahun, bulan purnama jatuh pada awal Oktober, sebelum peringatan hari petani nasional pada tanggal 17.

Di Loranger, Louisiana, misalnya, terdapat Festival Hari Petani Tua yang menampilkan tradisi dan metode pertanian lama, sebelum berkembang menjadi pertanian modern yang lebih ilmiah seperti saat ini.

Selain itu, di bagian utara Amerika Serikat, embun beku pertama biasanya terjadi pada awal hingga pertengahan Oktober. Ini memaksa para petani untuk memanen tanaman mereka lebih awal guna menghadapi musim dingin.

Namun, dengan kemajuan teknik pertanian modern, masa tanam tradisional kini dapat diperpanjang untuk meningkatkan hasil panen dan keuntungan, yang juga berdampak pada perpanjangan perayaan Hari Petani Nasional di beberapa daerah pedesaan hingga menjelang Bulan Petani Nasional.

Seperti diketahui, pertanian tidak hanya merupakan salah satu profesi tertua di dunia, tetapi juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi global.

Para petani terus berkontribusi secara signifikan dengan menyediakan bahan pangan yang mendukung kehidupan banyak orang.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross