Ilustrasi bulan kesadaran kangker payudara (Foto: Web orami.co.id)

Sejarah Hari Ini, 13 Oktober: Hari Peduli Kanker Payudara

Publish by IDenesia on 13 October 2024

NEWS, IDenesia.id - Hari Peduli Kanker Payudara yang diperingati setiap 13 Oktober. Peringatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kanker payudara metastatik (MBC).

Disadur IDenesia dari laman National Today, Minggu, 13 Oktober 2024, tahun 2009, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Senat Amerika Serikat secara bulat mengesahkan resolusi yang menetapkan satu hari dalam Bulan Kesadaran Kanker Payudara, yaitu Oktober, untuk didedikasikan khusus bagi kanker payudara metastatik.

Hal ini merupakan hasil perjuangan sembilan pasien MBC beserta keluarga mereka, yang melakukan perjalanan ke Washington DC untuk menyuarakan kebutuhan mendesak akan perhatian dan dukungan lebih besar bagi para penderita MBC.

Dengan dukungan dari jaringan teman dan keluarga di rumah, aksi mereka berhasil menarik perhatian para legislator yang akhirnya meloloskan resolusi tersebut.

Meskipun sudah ada pengakuan resmi, perjuangan belum usai. Penetapan hari khusus ini membawa tanggung jawab baru bagi masyarakat untuk memberikan mendukung penelitian dan perawatan bagi para penderita kanker payudara metastatik.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross