Hari standar dunia (Foto: indiffs.com)

Sejarah Hari Ini, 14 Oktober: Hari Standar Dunia

Publish by IDenesia on 14 October 2024

NEWS, IDenesia.id - Hari ini, 14 Oktober, diperingati sebagai Hari Standar Dunia. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di dunia tentang pentingnya standarisasi dalam berbagai sektor, khususnya bagi ekonomi dunia.

Disadur IDenesia dari laman National Today, Senin, 14 Oktober 2024, peringatan ini dimulai dari pertemuan yang diadakan di London pada tahun 1946. Pertemuan tersebut menjadi cikal bakal berdirinya Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO), sebuah lembaga yang kini berperan sentral dalam standarisasi global.

Pada tanggal 14 Oktober, organisasi seperti IEC (International Electrotechnical Commission), ISO, ITU (International Telecommunication Union), serta masyarakat di seluruh dunia menghargai kerja keras para ahli dan sukarelawan yang terlibat dalam proses standardisasi. Mereka menyoroti pentingnya standar tertulis dalam mendukung perekonomian global yang terus berkembang.

Dalam konteks globalisasi yang semakin pesat, standar teknis yang diakui secara internasional menjadi sangat relevan. Pasar global yang semakin terbuka dan tantangan-tantangan baru yang dihadapi negara-negara menekankan perlunya keseragaman standar dalam berbagai bidang.

Di Amerika Serikat, hari standar dunia dirayakan dengan berbagai kegiatan di Washington, DC, termasuk pameran, resepsi, dan jamuan makan malam. Di berbagai negara lain, peringatan ini diisi dengan seminar, konferensi pendidikan, dan kontes yang mengedepankan kerja sama di bidang standardisasi.

Menurut ISO, proses adopsi sebuah standar internasional melibatkan berbagai tahapan. Dimulai dari pengembangan rancangan yang memenuhi kebutuhan pasar tertentu, kemudian dibahas oleh para anggota, dan akhirnya dilakukan pemungutan suara.

Proses ini umumnya memakan waktu hingga tiga tahun sebelum sebuah standar disetujui dan diimplementasikan secara luas.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross