Operasi zebra pallawa 2024 Kota Makassar (Foto: IDenesiafile).

Polres Makassar Kerahkan 128 Personel dalam Operasi Zebra Pallawa 2024

Publish by IDenesia on 14 October 2024

NEWS, IDenesia.id - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Makassar menggelar operasi zebra pallawa 2024. Sebanyak 128 personel gabungan diturunkan dalam operasi patuh lalu lintas kali ini.

Satlantas polrestabes makassar, menggelar operasi zebra terhitung mulai tanggal 14 hingga 27 oktober 2024. Operasi ini digelar untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan pengendara dalam berlalu lintas.

“Kita kerahkan sebanyak 128 personel gabungan di Polrestabes yakni lantas, intel maupun sabara serta personil di jajaran polsek (Kota Makassar),” ujar Kasat Lantas Polrestabes Makassar, Kompol Mamat Rahmat kepada IDenesia, Senin, 14 Oktober 2024.

Mamat Rahmat mengatakan, operasi zebra pallawa kali ini berbeda dengan operasi sebelumnya. Sebab pada operasi kali ini tidak menentukan titik lokasi operasi melainkan dilakukan secara mobile.

“Kita tidak ada titik lokasi, untuk operasi zebra sekarang dilarang melakukan stasioner tetapi untuk sifatnya edukasi dan imbauan itu boleh, tapi untuk penegakan hukum tidak boleh. Jadi (operasi zebra) kita lakukan secara mobile,” ujarnya.

Kapolrestabes Makassar, Kompol Mokhamad Ngajib saat hari pertama operasi zebra pallawa 2024 (Foto: IDenesiafile)

Mamat menegaskan, tujuan dari operasi ini untuk mengajak masyarakat agar lebih tertib berkendara. Hal ini dilakukan agar keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di Kota Makassar bisa tetap terjaga.

Mamat menambahkan, pihaknya lebih fokus melakukan penindakan melalui tilang Electronic Traffic Law Enforcement  (E-TLE). Hanya saja tetap dilakukan tilang secara manual jika pengendara kedapatan melakukan pelanggaran secara kasat mata oleh petugas.

“Untuk tilang dilakukan secara electronic traffic law enforcement atau etle, tapi kalau melihat kasat mata pelanggaran kita tindak dengan tilang manual,” tegasnya.

Untuk diketahui, ada 8 prioritas pelanggaran yang akan ditindak dalam operasi zebra pallawa 2024 kali ini. Diantaranya, penggunaan ponsel saat berkendara, tidak menggunakan helm SNI, pengendara di bawah umur dan lain sebagainya.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross