Pemprov Sulsel buka operasi celah bibir dan lelangit gratis (Foto: Web Pemprov Sulsel).

Pemerintah Sulsel Buka Operasi Celah Bibir dan Lelangit Gratis, Cek Syaratnya di Sini

Publish by IDenesia on 15 October 2024

NEWS, IDenesia.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menyelenggarakan bakti sosial berupa operasi celah bibir dan celah lelangit secara gratis. Kegiatan ini diadakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-355 Sulawesi Selatan.

Operasi gratis tersebut akan dilaksanakan di Rumah Sakit Khusus Daerah Gigi dan Mulut (RSKDGM) Provinsi Sulsel, Jalan Lanto Dg. Pasewang No. 286, Makassar, pada tanggal 19 Oktober. Pendaftaran akan ditutup pada 17 Oktober.

Panitia kegiatan bakti sosial (baksos), drg. Yuliana Yusrah mengatakan, sampai saat ini, tercatat sudah 11 calon pasien yang mendaftar. Namun sebelum operasi, para calon pasien harus menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Kami akan melakukan pemeriksaan kesehatan pada Kamis pagi, 18 Oktober," ujar drg. Yuliana Yusrah, panitia kegiatan bakti sosial tersebut.

Yuliana mengaku, operasi ini terbuka untuk semua usia, namun dengan syarat tertentu. Mulai dari calon peserta diharuskan membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Bagi bayi dengan kondisi celah bibir, syaratnya berusia minimal 3 bulan dengan berat badan minimal 5 kg. Sementara untuk bayi dengan kondisi celah lelangit, usia minimal 1,5 tahun dengan berat badan minimal 10 kg.

Selain itu, kondisi kesehatan anak harus baik, tanpa gejala penyakit seperti batuk, pilek, atau demam, serta wajib mendapatkan surat keterangan sehat dari dokter.

“Program ini dirancang untuk membantu anak-anak yang lahir dengan kondisi celah bibir dan lelangit agar mendapatkan perawatan medis yang tepat tanpa biaya,” tambah Yuliana.

Dia menambahkan, program ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Provinsi Sulsel terhadap kesehatan masyarakat, terutama anak-anak dengan kebutuhan medis khusus seperti celah bibir dan lelangit. Diharapkan melalui program ini, kualitas hidup pasien dapat meningkat secara signifikan.

"Program ini juga menjadi bagian dari perayaan HUT ke-355 Sulawesi Selatan serta komitmen Pemprov Sulsel untuk memperluas akses layanan kesehatan yang merata bagi seluruh masyarakat," tutup drg. Yuliana.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, masyarakat dapat menghubungi drg. Yuliana Yusrah di nomor 0852-5536-3708 atau M. Awal Ramadhani di nomor 0859-5434-1114.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross