Ilustrasi kucing oren (foto:unsplash/jason leung)

Sejarah Hari Ini, 16 Oktober: Hari Kucing Sedunia

Publish by IDenesia on 16 October 2024

NEWS, IDenesia.id - Hari Kucing Sedunia yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Peringatan ini untuk meningkatkan kesadaran tentang perlindungan dan kesejahteraan kucing.

Dikutip IDenesia dari laman National Today, Rabu, 16 Oktober 2024, sejak zaman Mesir Kuno, kucing telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia. Sekitar 4.000 tahun yang lalu, bangsa Mesir menjinakkan kucing untuk membantu mengendalikan hama di sekitar gudang makanan.

Tak butuh waktu lama, kucing pun mendapat status istimewa sebagai pemburu ulung, bahkan disembah sebagai dewa. Hingga kini, kecintaan manusia terhadap kucing tetap terjaga, meskipun tantangan yang dihadapi kucing semakin besar.

Organisasi advokasi Alley Cat Allies bersama jutaan pendukungnya kemudian memperingati Hari Kucing Sedunia dengan komitmen untuk menyelamatkan kucing dari ancaman pembunuhan di tempat penampungan.

Pendiri dan presiden Alley Cat Allies, Becky Robinson, mengajak masyarakat untuk bergabung dalam upaya melindungi kucing. Robinson juga mengajak masyarakat untuk menandatangani Ikrar Hari Kucing Global secara daring, sebagai bentuk dukungan nyata terhadap perlindungan kucing.

Peringatan Hari Kucing Sedunia juga mendesak para pemimpin masyarakat untuk mengubah kebijakan yang mengancam kehidupan kucing, serta menerapkan program yang lebih manusiawi seperti metode Perangkap-Kebiri-Kembalikan (TNR).

Program ini tidak hanya mengurangi angka eutanasia di tempat penampungan, tetapi juga membantu menekan pengeluaran pemerintah melalui pengurangan panggilan layanan hewan dan biaya penanganan kucing.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross