Pjs Walkot Makassar, Andi Arwin Azis saat membuka acara Pameran Panin Rumah Idaman & Panin Auto Show 2024 (Foto: Web Pemkot Makassar).

Proyeksi 1,5 Juta Penduduk di 2043, Makassar Butuh 306 Ribu Rumah Baru

Publish by IDenesia on 17 October 2024

NEWS, IDenesia.id - Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, memproyeksikan jumlah penduduk Kota Makassar akan mencapai 1.533.038 jiwa pada tahun 2043. Andi Arwin pun memperkirakan kebutuhan rumah mencapai 306.608 unit untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Andi Arwin saat membuka acara Pameran Panin Rumah Idaman & Panin Auto Show 2024 di Trans Studio Mall, Rabu, 16 Oktober 2024.

“Diproyeksikan jumlah penduduk hingga tahun 2043 mencapai 1.533.038, sedangkan kebutuhan jiwa perumahan sebesar 306.608 unit,” Andi Arwin dikutip IDenesia dari laman resmi Pemkot Makassar, Kamis, 17 Oktober 2024.

Andi Arwin mengatakan, hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi sektor swasta untuk menyediakan hunian yang layak dan terjangkau.

“Melihat dari proyeksi data di tahun 2024, menjadi tantangan bagi Pemkot Makassar memberikan peluang sebesar-besarnya bagi pihak swasta untuk mengambil peran dalam penyediaan rumah yang layak, aman, dan terjangkau,” ungkapnya.

Dia pun mengapresiasi langkah PT Bank Panin, Tbk yang melalui kegiatan Panin Rumah Idaman, berperan aktif dalam menyediakan hunian yang aman, nyaman, dan terjangkau bagi masyarakat Makassar.

“Semakin banyak program seperti ini, semakin besar harapan bagi masyarakat untuk memiliki tempat tinggal yang layak. Ini tentu akan meningkatkan kualitas hidup sehari-hari,” tambahnya.

Andi Arwin juga menyampaikan pentingnya peran pemerintah dalam mempercepat proses administrasi, termasuk penyederhanaan perizinan dan percepatan tahapan pengadaan perumahan.

Menurutnya, hal ini akan dilakukan bersama para pemangku kepentingan (stakeholder) untuk mendorong kemajuan pembangunan di Kota Makassar.

Acara tersebut juga disebut sebagai kontribusi Bank Panin dalam memperkuat sektor ekonomi dan meningkatkan literasi keuangan di tengah tantangan ekonomi nasional maupun global.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross