Petugas PLN UID Sulselrabar tinjau kesiapan listrik (Foto: Humas PLN)

PLN Siapkan 2.317 Personel-71 Posko untuk Pastikan Listrik Aman di Pilkada Sulsel 2024

Publish by IDenesia on 19 October 2024

NEWS, IDenesia.id - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) jauh-jauh hari mempersiapkan diri guna memastikan distribusi listrik tetap aman menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Sebanyak 2.317 personel dan 71 posko siaga dikerahkan untuk menjamin kelancaran pasokan listrik di wilayah Sulsel selama pelaksanaan Pilkada.

"Kami berkomitmen untuk menghadirkan pasokan distribusi listrik yang andal agar pesta demokrasi tersebut dapat berjalan lancar tanpa adanya gangguan listrik,” kata General Manager PLN UID Sulselrabar, Budiono, dalam keterangan tertulis yang diterima IDenesia, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Budiono menambahkan, PLN juga menyiapkan 30 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 22 lokasi di Sulsel. Hal ini dilakukan untuk mendukung pengguna kendaraan listrik selama Pilkada berlangsung.

“Kami ingin memastikan kenyamanan pengguna kendaraan listrik, terutama pada saat Pilkada,” tegasnya.

Selain itu lanjut Budiono, pihaknya juga menyiagakan 164 unit genset, 85 Unit Gardu Bergerak (UGB), dan 37 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) di 50 kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), 53 kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta 585 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di wilayah kerja PLN UID Sulselrabar.

"Kami juga telah menyiapkan skenario dan standard operating procedure sebagai back up pasokan listrik," ujar Budiono.

Dari sisi pembangkit, Budiono memastikan pasokan daya di Sistem Kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) saat ini mencukupi kebutuhan. Masyarakat juga diminta untuk melaporkan potensi gangguan, seperti pohon yang mendekati jaringan listrik, melalui aplikasi PLN Mobile.

"Kami juga mengimbau apabila ada potensi gangguan seperti pohon yang mulai mendekati jaringan, masyarakat dapat melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile. Selain itu apabila membutuhkan dukungan pengamanan suplai listrik dapat langsung berkoordinasi dengan PLN," tegas Budiono.

Sementara itu, Ketua KPU Sulsel, Hasbullah, menyampaikan apresiasinya atas komitmen PLN dalam mendukung kelancaran Pilkada. Dia optimis, dengan kesiapan PLN, pelaksanaan Pilkada serentak 2024 akan berjalan lancar di semua tingkatan.

"Terima kasih atas dukungan PLN yang telah menyiagakan personil di posko siaga dalam menjaga kelancaran pasokan listrik untuk pemilu mendatang mulai dari Kantor KPU Provinsi Sulawesi Selatan hingga Tempat Pemungutan Suara," ungkap Hasbullah.

"Kami optimis dengan kesiapan dan komitmen PLN mengawal Pilkada serentak 2024 akan membantu dalam penyelenggaraan Pilkada di semua tingkatan," tutupnya.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross