Presiden Jokowi saat akan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa 21 Mei 2024 (Foto: BPMI Setpres/Kris)

Besok Jokowi Pulang ke Solo, Warga, Pelajar, dan ASN Diminta Berbaris Sepanjang Jalan

Publish by Redaksi on 19 October 2024

NEWS, IDenesia.id—Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan pulang ke Solo pada Minggu, 20 Oktober 2024 sore setelah purna tugas. Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menyiapkan penyambutan besar-besaran.

Pemkot sudah mengeluarkan surat pemberitahuan agar warga menyambut kepulangan Jokowi. Surat dengan nomor TM/4091/2024 sudah diedarkan Pemkot Surakarta kepada Camat Banjarsari dan Laweyan serta kelurahan yang akan dilewati Jokowi.

Pemkot menginstruksikan kepada para camat dan lurah mengerahkan warga untuk berpartisipasi menyambut iring-iringan mulai dari Bandara Adi Sucipto hingga kediaman pribadinya di Sumber.

“Kami siapkan beberapa penyambutan dalam bentuk visual, di baliho, dalam bentuk videotron, spanduk, serta penyambutan oleh warga dan siswa di sepanjang jalan yang dilewati dari bandara kemudian penyambutan, termasuk di kediaman," kata Kabag Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kota Surakarta Sulistiarini dalam video yang dibagikan akun X @Chynthia_K sebagaimana dilansir IDenesia, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Meski tampaknya cukup banyak kegiatan dan persiapan, Sulistiarini menyebut penyambutan mantan R1 ini dikonsep sederhana.

"Ada beberapa agenda yang kita siapkan. Sebenarnya kontes penyambutannya ini sederhana ya. Kita melibatkan anak sekolah, kemudian masyarakat, ASN juga, ini nanti mereka akan memenuhi sepanjang jalan dari Tugu Makuta sampai kediaman di Sumber, rencananya seperti itu," jelasnya.

Beredar kabar bahwa puluhan ribu orang akan menyambut kepulangan Jokowi. Dan menurut Sulistiarini, mereka hanya mendapat instruksi menyiapkan orang sebanyak-banyaknya.

"Kalau pengerahan massa ini kita sebanyak-banyaknya, tadi instruksinya dari Pjs Wali Kota dan Sekda, monggo dikerahkan sebanyak-banyaknya," ungkap Sulistiarini.

Sulistiarini menyebutkan siswa yang akan menyambut Jokowi berasal dari jenjang SMP dan SMA/MSK.  Dinas Pendidikan kata Sulistiarini sudah siap. Pemkot Surakarta juga sudah berkoordinasi dengan protokol istana serta jajaran TNI-Polri untuk penyambutan ini.

"Kami sudah koordinasi dengan protokol istana dan TNI-Polri, dan mendapat informasi bahwa Pak Jokowi akan tiba di Solo pada 20 Oktober sekitar pukul 16.00 WIB," ujarnya.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross