Lionel Messi bersama Inter Miami (Foto: Instagram/Leo Messi)

Jatah "Khusus" Messi di Piala Dunia Antarklub 2025 Diprotes

Publish by Redaksi on 22 October 2024

NEWS, IDenesia.id—FIFA memicu reaksi keras klub dan penggemar Major League Soccer (MLS) setelah memutuskan untuk memberi Inter Miami tempat di Piala Dunia Antarklub 2025.

Presiden FIFA, Gianni Infantino mengumumkan pada hari Minggu bahwa Miami telah dipilih sebagai salah satu dari 32 tim yang akan berkompetisi di turnamen tersebut, yang akan dimainkan di Amerika Serikat dari tanggal 15 Juni hingga 13 Juli.

Klub David Beckham mengambil tempat sebagai tuan rumah dengan FIFA tidak mengumumkan kriteria seleksi sebelum memutuskan menunjuk Inter Miami.

Miami secara resmi dimasukkan dalam turnamen tersebut karena memenangkan Supporters' Shield – sebuah trofi yang diberikan kepada tim MLS dengan rekor musim reguler terbaik.

Inter Miami yang diperkuat mantan bintang Barcelona Lionel Messi, Luis Suarez, Jordi Alba dan Sergio Busquets menyelesaikan musim reguler dengan 74 poin untuk mencetak rekor MLS baru.

Mereka sekarang akan masuk ke babak play-off MLS, yang menentukan juara liga yang sebenarnya. Di Piala Dunia Antarklub, Miami bukan sekadar mendapat jatah khusus, tapi juga akan menjadi tuan rumah pertandingan pembukaan.

“Sebagai tim tuan rumah Piala Dunia Antarklub FIFA 2025, Anda akan mendapat kehormatan untuk membuka turnamen dengan menjadi tuan rumah pertandingan pembukaan di Miami, di Stadion Hard Rock, di hadapan 65.000 orang dan puluhan juta orang di rumah," kata  Infantino Infantino di lapangan di Chase Stadium di Fort Lauderdale setelah Inter Miami mengalahkan New England Revolution sebagaimana dilansir IDenesia dari The Mirror, Selasa, 22 Oktober 2024.

Keputusan itu ternyata tidak diterima dengan baik oleh tim MLS lainnya, yang menuduh FIFA bersikap pilih kasih.

Para penggemar klub lain merasa jengkel dengan apa yang mereka lihat sebagai standar ganda di sekitar klub mewah milik David Beckham dan klub-klub lainnya.

“Mereka hanya membutuhkan Messi di turnamen ini. Tidak dapat menyalahkan mereka karena menginginkan itu, tetapi kurangnya proses untuk ini cukup menggelikan,," tweet seorang penggemar MLS.

Yang lain menambahkan: “Kriterianya selalu sama. Tim mana pun yang diperkuat Lionel Messi akan lolos.”

Penggemar ketiga menyimpulkan: “Bahkan jika Miami mengalami musim terburuk dalam sejarah mereka, mereka tetap akan mendapatkan tempat itu. Fakta bahwa tidak ada kriteria untuk mendapatkan tempat itu berarti FIFA dan MLS bermaksud meminta Miami untuk mengisi tempat terakhir, mereka hanya butuh alasan yang bagus.”

Piala Dunia Antarklub terbukti tidak menarik bagi tv  yang menolak untuk mengajukan tawaran untuk hak siar, dan masuknya Messi tidak diragukan lagi merupakan dorongan besar untuk hal itu.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross