Menteri ESDM Arifin Tasrif (Foto: Kementerian ESDM).

Program Bagi-bagi Rice Cooker Pemerintah Telan Anggaran Rp 300 Miliar

Publish by Redaksi on 30 November 2022

NEWS, IDenesia.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah menyiapkan anggaran Rp 300 miliar untuk program pembagian rice cooker gratis. Namun, pelaksanaannya masih menunggu perizinan anggaran dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Rp 300 miliar pengadaannya, tapi sampai sekarang belum ada itu anggarannya, masih usulan dibahas di Komisi VII DPR," ujar Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana saat dijumpai di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (29/11).

Dia menjelaskan, pembagian rice cooker gratis ini pun berbeda dari program pemberian kompor induksi kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM. "Ini bukan program saingan dari kompor induksi. Pasar dan penerimanya berbeda," imbuh dia.

Nantinya, target penerima rice cooker gratis ini merupakan masyarakat umum. Namun, dia belum menyebut total akan ada berapa penerima. "Tergantung harga rice cooker-nya. Target penerimanya yang pasti masyarakat untuk rakyat. Kita nanti memastikan saja harga rice cooker-nya berapa tinggal dibagi dari anggaran tersebut," imbuhnya.

Pemerintah tidak mengklasifikasi pemberian bantuan ini sesuai golongan pelanggan listrik. Tapi, lebih kepada kemampuan daya beli masyarakat. Sehingga golongan menengah atas tidak mungkin mendapatkan bantuan rice cooker gratis.

"Siapa aja sebetulnya (bisa menerima), kan kalau rice cooker tidak terlalu tinggi listriknya. Jadi yang pasti masyarakat yang cocok lagi untuk menerima tersebut bukan orang kaya," kata Dadan.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross