Agita, konten kreator asal Kabupaten Maros, Sulsel berbagi tips sukses bermedia sosial. (Foto: Agita/Istimewa).

Cerita Konten Kreator Maros, Raup Cuan Hingga Rp800 Juta Hanya dengan Live Resep di Medsos

Publish by Redaksi on 25 September 2023

NEWS, IDenesia.id - Beragam platform memudahkan seseorang untuk berkreasi bahkan berbagi ide tentang apapun di media sosial. Tak sedikit dari mereka yang gemar memanfaatkan kecanggihan teknologi di dunia maya, mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang fantastis. 

Kondisi inilah yang menjadi ladang rezeki bagi Agita, ibu rumah tangga sekaligus konten kreator dari Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Ibu muda ini menjadi perbincangan publik setelah konten yang dibagikan di akun media sosial  Instagram dan TikTok miliknya menembus 6,5 juta views.

Kontennya pun sebenarnya terbilang sederhana dan bisa dipraktikkan setiap orang. Konten yang sering dibagikan adalah berbagi tips tentang resep minuman yang bisa dipakai oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pemula untuk membuka usaha minuman. 

"Awalnya pengen jadi konten kreator supaya bisaka dapat endorse kopi, jadi mulai maka bikin konten tentang kopi dan resep-resep minuman. Tapi ternyata konten yang melejit itu resep minuman dan banyak yang komen suka dan pengen dijadikan resep untuk usahanya,” kata Agita dalam siaran pers yang diterima jurnalis, Senin, 25 September 2023. 

Agita tak menyangka aktivitasnya sejak enam bulan lalu, berbagi resep minuman yang digemari anak-anak muda di media sosial, bisa menjadi ladang cuan baginya. “Alhasil keterusan sampe sekarang berbagi resep-resep minuman yang bisa dipakai jualan," terang Agita.

Selain berbagai resep minuman, Agita juga saat ini telah membuka kelas resep online yang selalu dipantau oleh followersnya. Dari hasil usahanya yang tiada henti, ia pun kini mampu menghasilkan omset hingga ratusan juta dalam beberapa bulan terakhir.

"Kalau total omset itu kurang lebih Rp800 juta dalam 6 bulan terakhir, ini tentunya bisa menjadi motivasi untuk orang-orang di luar sana bahwa emak-emak yang tinggal di rumah bukan tidak mungkin atau bukan hal yang mustahil untuk bisa menghasilkan uang dengan memanfaatkan sosial media," ungkapnya.

Agita tak menampik berbagai rintangan kerap dihadapi sebelum terbilang sukses hingga saat ini. Namun dengan niat dan usaha yang tekun serta doa dan dukungan dari suami membuatnya mampu melewati semua itu. Salah satu faktor yang membuatnya terpacu di awal adalah karena kondisi saat wabah Covid-19 menyerang. 

Tuntutan ekonomi keluarga membuat dia harus berusaha untuk bangkit. Kondisinya saat itu pun tak mudah karena ia tengah hamil tua. Kondisi itu juga membuat suaminya Muh Rafsanjani, harus rela menjual sepeda motor Vespa kesayangannya, sebagai biaya untuk kelahiran buah hati.

Situasi dan pengalaman masa sulit saat itu menurut Agita menjadi pemicu dirinya untuk bangkit dan berusaha. "Kondisi itu membuat saya akhirnya bertekad untuk terus belajar menggali potensi penghasilan via online di sosial media dengan ikuti webinar konten kreator," ucapnya.

Meski dengan omset mencapai Rp800 Juta dalam 6 bulan terakhir telah ia raih saat ini. Agita pemilik akun @agitacoffee juga tidak berhenti untuk terus mengedukasi masyarakat khususnya kalangan ibu-ibu rumah tangga dan anak muda untuk berkreasi dengan hal-hal yang bermanfaat di media sosial. 

Saat ini, dalam setiap postingannya, Agita kerap mengkampanyekan penggunaan Tumbler minuman untuk meminimalisir penggunaan sampah plastik. "Harapannya, agar anak muda yang sekarang sudah menjadikan nongkrong di coffee shop sebagai habbit bisa ikut serta dalam mencapai Maros keren dan meminimalisir limbah cup plastik," Agita menyudahi.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross