Ilustrasi kerja sama dengan rekan setim di kantor (Foto: Pexels.com)

Critical Thinking, Soft Skill yang Wajib Anda Miliki di Dunia Kerja

Publish by Redaksi on 23 December 2023

NEWS, IDenesia.id - Critical thinking atau berpikir kritis adalah jenis pola pikir di mana seseorang mampu mempertanyakan, menganalisis, menafsirkan, mengevaluasi, dan membuat penilaian tentang apa yang ia baca, dengar, katakan, atau tulis. 

Pemikiran kritis yang baik adalah membuat penilaian objektif berdasarkan informasi yang sesuai.

Berpikir kritis merupakan salah satu soft skill yang wajib dimiliki oleh Anda yang sedang menapaki karir profesional maupun tengah dalam proses mencari kerja. 

Lalu, mengapa kemampuan ini sangat penting dimiliki di dunia kerja? Dilansir IDenesia dari laman Glints, Sabtu, 23 Desember 2023, berikut manfaat dari skill berpikir kritis di dunia kerja:

 

  1. Meningkatkan kemampuan problem-solving

Skill berpikir kritis membuat seseorang dapat dengan mudah mengidentifikasi kesalahan yang mungkin terlewat oleh orang lain. 

Tidak hanya mengidentifikasi masalah, seseorang yang memiliki kemampuan berpikir kritis juga mampu mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Skill ini juga akan sangat membantu ketika Anda harus menjadi penengah yang objektif tanpa bias terkait suatu masalah di lingkup pekerjaan.

 

  1. Menjadi lebih objektif dan open-minded

Seseorang dengan kemampuan berpikir kritis mampu bersikap objektif ketika dihadapkan dengan suatu permasalahan. 

Ia tidak secara gegabah dalam menyikapi suatu hal dengan basis informasi yang sudah ia ketahui sebelumnya, tetapi bersifat terbuka untuk menerima informasi baru dari rekan setim, bawahan, maupun rival.

 

  1. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Manfaat lain dari berpikir kritis adalah meningkatkan kemampuan mengkomunikasikan sebuah ide secara sistematis dan informatif. 

Berpikir kritis akan mendorongmu untuk mempelajari informasi baru, memahami maksudnya, dan menjelaskan ide tersebut ke orang lain secara mudah.

 

  1. Mampu bekerja sama dengan baik

Dalam ranah pekerjaan, orang yang memiliki skill critical thinking mampu memperhatikan detail dan relevansi antara hal satu dengan yang lainnya. 

Sehingga, kemampuan berpikir kritis akan mendorong suasana kerja ke level kerjasama yang dewasa, tidak lagi berdasarkan perasaan subjektif seperti rasa suka atau tidak suka.

 

  1. Menghasilkan pekerjaan berkualitas

Seorang pemikir kritis akan selalu memeriksa dan memastikan kembali hasil akhir pekerjaannya sebelum diberikan ke orang lain. Hal ini akan membuat hasil pekerjaan yang Anda lakukan semakin berkualitas dan minim kesalahan.

 

  1. Jenjang karir terbuka lebar

Staff dengan skill berpikir kritis yang mumpuni merupakan salah satu aset berharga perusahaan. 

Hal ini tentunya membuat ia memiliki daya tawar serta skill yang dibutuhkan untuk sebuah promosi jabatan dan kenaikan gaji.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross