Ilustrasi, kapal penumpang PT Pelni. (Foto: Pelni.co.id).

Otoritas Kelautan di Makassar Mulai Uji Kelayakan Kapal Jelang Arus Mudik Momen Nataru

Publish by Redaksi on 8 December 2023

NEWS, IDenesia.id - Otoritas kelautan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan mulai memeriksa penumpang yang bersandar di . Kapal yang belum lama ini diuji kelayakannya adalah . Pemeriksaan dipimpin langsung oleh Kepala Subdirektorat Kepelautan Capt Maltus Jackline Kapistrano. 

Selaku Pejabat Pemeriksa Kapal (PPKK) Direktorat Perkapalan dan Kepelautan . “Dalam rangka memastikan kelancaran dan keselamatan Angkutan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024,” katanya dalam keterangan yang dilansir dari akun Instagram resmi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (DJPL) KSOP Utama Makassar, Jumat, 8 Desember 2023. 

Kepala Seksi SKKPP Farijs Awwal, bersama Tim Pejabat Pemeriksa Keselamatan Kapal (PPKK) Kantor KSOP Utama Makassar mendampingi pemeriksaan untuk memastikan alat-alat keselamatan, mesin kapal, alat pemadam kebakaran, fungsi sekoci, fire detector, smoke detector, life jacket dan perlengkapannya dalam keadaan berfungsi. 

Hal ini menurutnya penting untuk dilakukan demi seluruh penumpang. Apalagi, dalam dua momen penghujung tahun yang diperkirakan akan padat arus penumpang. “Uji Petik ini diharapkan dapat mewujudkan keamanan dan keselamatan bagi masyarakat pada arus penumpang pada hari raya ,” imbuh Farijs. 

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penumpang selama pelayaran. Pemeriksaan kelayakan kapal dilakukan oleh tim ramp check yang terdiri dari unsur dari Kemenhub, Syahbandar, dan instansi terkait lainnya. Pemeriksaan dilakukan di pelabuhan besar maupun kecil. Kali ini di Kota Makassar. 

Pemerintah mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan mudik Natal dan Tahun Baru 2023-2024 untuk memilih kapal yang laik laut dan memenuhi standar keselamatan. Masyarakat juga diimbau untuk membeli tiket kapal secara online untuk menghindari antrean di pelabuhan. Kenyamanan penumpang jadi perhatian utama petugas.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross