Chief Executive Officer (CEO) Tesla, Elon Musk memutuskan untuk memangkas target produksi smart car imbas adanya penurunan penjualan pada kuartal IV 2022.

Penjualan Melorot, Tesla Pangkas Harga dan Target Produksi

Publish by Redaksi on 4 January 2023

NEWS, IDenesia.id - Chief Executive Officer (CEO) Tesla, Elon Musk memutuskan untuk memangkas target produksi smart car imbas adanya penurunan penjualan pada kuartal IV 2022. Mengutip Bloomberg jumlah penjualan meleset dari prediksi analis dari target 420.760 mobil hanya ada 405.278 kendaraan yang berhasil terjual.

Para analis memprediksi, kondisi tersebut terjadi imbas adanya tantangan berupa kenaikan suku bunga, inflasi, dan hambatan ekonomi lainnya. Kondisi tersebut membuat Tesla memutuskan untuk memangkas harga dan produksi kendaraan di China, kemudian menawarkan diskon sebesar USD 7.500 dolar di Amerika Serikat (AS).

seorang analis Bernstein, Toni Sacconaghi mengatakan Tesla sedang menghadapi masalah yang serius, sehingga memangkas target pasarnya.

"Kami percaya bahwa Tesla sedang menghadapi masalah permintaan yang signifikan," katanya.

“Kami percaya Tesla perlu mengurangi target pertumbuhannya (dan menjalankan pabriknya di bawah kapasitas) atau mempertahankan dan berpotensi meningkatkan pemotongan harga baru-baru ini secara global, menekan margin,” tambahnya.

Tesla telah memproduksi 439.701 unit kendaraan pada kuartal keempat, melebihi penjualan sebanyak 34.423 unit.

Tesla mengatakan mereka terus bertransisi ke campuran kendaraan regional yang lebih merata, sehingga menyebabkan peningkatan lain dalam penjualan mobil di akhir kuartal.

AS dan China merupakan pasar utama Tesla dengan 95% penjualan pada tahun 2022 adalah sedan Model 3 dan crossover Y.

Tesla memproduksi mobil dengan model S, X, 3 dan Y di Fremont, California. Sementara mobil dengan model 3 dan Y diproduksi di China.

Mitra pengelola Loup Ventures, Gene Munster mengatakan Tesla masih berjuang menghadapi kesenjangan antara produksi dan penjualan.

"Tesla menjual mobil, dan industri otomotif melambat," katanya.

“Mereka masih berjuang dengan logistik, dan kesenjangan antara produksi dan pengiriman meningkat dari kuartal terakhir,” tambahnya.

Angka penjualan triwulanan Tesla menjadi barometer permintaan kendaraan listrik secara umum, karena perusahaan Tesla telah memimpin pasar penjualan kendaraan listrik.

Perusahaan Tesla memiliki tradisi strategi penjualan secara habis-habisan pada akhir setiap kuartal supaya meningkatkan angka penjualan. Tesla menerima bantuan pemasaran dari kepala desain Franz von Holzhausen pada Malam Tahun Baru.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross