Work-life balance (Foto: nextgovcom)

Selain Buat Kesehatan Fisik, Work-Life Balance Juga Baik untuk Kesehatan Mental

Publish by Redaksi on 4 November 2023

NEWS, IDenesia.id - Work-life balance, atau keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi, merupakan kondisi di mana seseorang berhasil menjaga keseimbangan porsi tanggung jawab profesional dengan kebutuhan atau keinginan pribadinya.

Hal ini meliputi alokasi waktu yang sehat saat bekerja, berkumpul dengan keluarga, bersantai, serta melakukan hobi dan minat di luar pekerjaan utama. 

Work-life balance menjadi penting sebab seseorang dapat meningkatkan kualitas hidupnya secara umum jika memiliki kehidupan kerja dan pribadi yang seimbang.

Disadur IDenesia dari Thehappinesindex, Sabtu, 4 November 2023, berikut manfaat work-life balance:

 

Kesehatan Fisik

Bukan rahasia lagi bahwa ketika seseorang terlalu banyak bekerja, dapat berujung pada kelelahan atau stres, hingga menyebabkan kesehatannya terganggu.

Memiliki waktu untuk diri sendiri tentu penting bagi seorang pekerja, sebab, dengan seimbangnya alokasi waktu kita dalam bekerja dan melakukan hal lain yang kita senangi, tingkat stres dapat berkurang, kondisi fisik pun lebih terjaga.

 

Kesehatan Mental

Berkaitan dengan poin pertama, rendahnya tingkat stres seseorang dapat membantunya memiliki kondisi mental yang stabil. Hal ini menjadi penting sebab kondisi mental yang tidak stabil bagi seorang pekerja dapat berdampak buruk pada banyak hal, terutama pekerjaannya.

 

Peningkatan Kinerja

Dengan kondisi kesehatan fisik dan mental yang optimal, seorang pekerja tentu akan memiliki tingkat fokus yang baik. Hal ini akan berpengaruh pada naiknya dedikasi dan kinerja seseorang dalam melakukan pekerjaannya.

Selain itu, lingkungan kerja yang mendukung seorang pekerja untuk menerapkan work-life balance akan lebih disenangi, terutama bagi pekerja milenial dan gen-z, karena tidak menjemukan apalagi menyebabkan ‘burnout’.

 

Lalu, bagaimana cara mencapai work-life balance? Dalam usaha mencapai keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi, berikut beberapa langkah yang bisa diambil antara lain dengan bekerja secara cerdas, sebagaimana dilansir IDenesia dari Glints, Sabtu, 4 November 2023:

Hal paling penting yang perlu Anda lakukan adalah bekerja cerdas. Bekerja cerdas artinya mengetahui kekuatan dan kelemahan Anda sebagai seorang karyawan dan membangun networking. Hal ini akan membantu Anda meningkatkan efisiensi kerja sehingga Anda dapat mencapai work-life balance.

Hal yang selanjutnya dapat Anda lakukan adalah mengurangi sikap perfeksionis.

Menjadi perfeksionis sebenarnya tidak selamanya salah, namun, jika kebiasaan ini terlalu sering dibiarkan maka hal ini dapat mengganggu kehidupan Anda di luar pekerjaan, sebab, sikap perfeksionis dalam pekerjaan membuat Anda terlalu fokus pada satu tugas hingga mengabaikan work-life balance.

Selanjutnya, Anda bisa membangun kebiasaan-kebiasaan sehat seperti berolahraga, untuk membantu Anda memiliki kehidupan kerja dan pribadi yang seimbang. Mengapa demikian? Sebab, olahraga merupakan salah satu pereda stres yang efektif karena merangsang otak untuk memproduksi endorfin dan hormon kebahagiaan lainnya.

Terakhir, Anda juga sebaiknya menjaga kerapian meja kerja atau tempat kerja Anda. Lingkungan kerja yang terjaga kerapian dan kebersihannya secara tidak langsung bisa meningkatkan mood dan semangat kerja. 

Hal ini akan membantumu bekerja secara efisien sehingga Anda memiliki cukup waktu istirahat dan menjadwalkan hal lain di luar pekerjaan.



#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross