Ilustrasi, surat suara Pemilu. (Foto: Krjogja.com).

Pemilih Pemula di Sulsel Wajib Tahu, Ini 5 Jenis Surat Suara Pemilu 2024

Publish by Redaksi on 23 September 2023

NEWS, IDenesia.id - Polda Sulawesi Selatan turut berperan mengedukasi masyarakat, khususnya netizen di media sosial tentang beragam jenis surat suara yang akan digunakan dalam Pemilu 2024 mendatang. Berbagi pengetahuan ini, bisa menjadi bekal bagi mereka yang berstatus sebagai pemilih pemula. 

“Sobat Polri surat suara yang digunakan pada Pemilu 2024 terdiri dari 5 jenis dengan warna yang berbeda-beda loh. Setiap warna mewakili kategori yang akan dipilih. Namun, apa sebenarnya perbedaan di antara setiap warna surat suara tersebut? Untuk mengetahui perbedaannya, yuk simak info berikut,” tulis akun Instagram Polda Sulsel yang dikutip, Sabtu, 23 September 2023. 

Pertama, surat suara Presiden dan Wakil Presiden berwarna abu-abu, surat suara anggota DPD berwarna merah, surat suara anggota DPR berwarna kuning, surat suarat DPRD Provinsi berwarna biru, dan terakhir adalah surat suara DPRD Kabupaten atau Kota berwarna hijau. 

Perbedaan warna pada setiap lembaran surat suara ini terletak di bagian atas dan bawahnya. Tentunya infromasi ini bisa bermanfaat bagi para pemilih khusus pemula agar bisa menyalurkan hak suaranya dalam pemilihan nanti. “Jangan sampai salah, kenali jenis surat suara di Pemilu 2024,” Polda Sulsel mengingatkan. 

Polda Sulsel bersama institusi hingga Forkopimda sebelumnya juga telah berkomitmen untuk mewujudkan tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 aman, kondusif dan damai. Kampanye pemilu damai juga terus digalakkan sebagai upaya untuk menyadarkan masyarakat meski berbeda pilihan tapi tetap satu tujuan untuk Indonesia lebih baik. 

Polda juga telah mempersiapkan personelnya untuk mengawal seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu 2024. Sulsel menjadi daerah yang diatensi hingga ke tingkat pusat untuk menghindari potensi konflik para calon legislatif dan pasangan calon. 

“Adapun jumlah gabungan personel Polda dan Polres yang dilibatkan dalam pengamanan pemilu sebanyak 17.915,” kata Kapolda Sulsel Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso dilansir dari akun Instagram Polda Sulsel, Jumat, 22 September, kemarin.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross