Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dalam Rakor Satgas Gakkumdu Sulsel. (Foto: Pemprov Sulsel).

Komitmen Satgas Gakkumdu Sulsel di Pemilu 2024, Fokus Langkah Pencegahan Sebelum Penindakan

Publish by Redaksi on 14 November 2023

NEWS, IDenesia.id - Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu Sulawesi Selatan, berkomitmen untuk menjalankan tugas dan fungsi dengan tegas. Lembaga pelayanan hukum pemilu ini pun menitik beratkan atensi pada upaya pencegahan sebelum betul-betul menindak pelanggaran yang bila terbukti.

Ketua Bawaslu Sulsel, Mardiana Rusli, mengatakan, kegiatan tersebut menjadi catatan penting bagaimana penanganan pelanggaran di Sulsel adalah yang terbaik. Apalagi, Satgas Gakkumdu jalan sampai pada tingkat paling bawah, untuk menciptakan masyarakat yang anti politik uang.

"Kemudian kami saling menguatkan, saling mengingatkan, semoga ini menjadi sebuah perjalanan dan terus mengawasi semua yang berpotensi melanggar. Dan mari kita mengedepankan pencegahan untuk kesuksesan Pemilu dan Pilkada serentak di Sulsel," kata Mardiana dilansir dari laman resmi Pemprov Sulsel, Selasa, 14 November 2023.

Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, telah menginstruksikan aparatnya di lapangan betul-betul menegakkan tugasnya, untuk mengawasi Pemilu. Menurutnya, tidak ada perbedaan tugas antara Kejaksaan, Kepolisian maupun Bawaslu di lapangan.

Karena semuanya telah tergabung di sentra Gakkumdu. "Kita hadir menyamakan persepsi dan semua satu pemahaman. Kalau Gakkumdu gagal, maka gagal demokrasi. Semoga bisa mewujudkan Pemilu ini luber, jurdil dan berkualitas," tegas Kajati Sulsel ini.

Kapolda Sulsel, Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso mengapresiasi seluruh stakeholder, terutama Bawaslu Sulsel mengenai tugas sentra Gakkumdu ini. Hal ini adalah salah satu upaya untuk menuju kesuksesan Pemilu 2024. "Sulsel harus dijaga, harus ada perhatian khusus dari kita semua, lewat Gakkumdu untuk mensukseskan Pemilu," imbuhnya menyudahi.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross