Potret Ayam Ketawa. (Foto: Pemprov Sulsel).

Pemprov Sulsel Target Produksi 500 Ekor Ayam Ketawa Tiap Bulan Tahun 2024

Publish by Redaksi on 14 November 2023

NEWS, IDenesia.id - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemprov Sulsel, perlahan menata rencana untuk mengembangkan produksi peternakan khusus ayam ketawa. Itu setelah pemerintah melihat antusiasme para penggemar ayam khusus ini, dalam momen perlombaan pekan lalu.  

"Ini menjadi awal untuk kembali mengembangkan ayam ketawa untuk tahun 2024 kita, sudah akan memulai. Mudah-mudahan setiap bulannya kita bisa memproduksi 500 ekor ayam ketawa," kata Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemprov Sulsel, drh. Nurlina dilansir dari laman resmi Pemprov Sulsel, Selasa, 14 November 2023. 

Menurut Nurlina, tak hanya sekedar lomba, ayam ketawa juga memberikan semangat bagi pecinta ayam agar bisa mengembangkan jenis unggas ini agar lebih marak di Sulsel. Diketahui, kontes ayam ketawa ini digelar Pemprov Sulsel di GOR Sudiang, Makassar, Jumat, 10 November 2023, lalu. 

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengaku animo masyarakat sangat bagus. “Terus tarang peserta banyak sekali, cuman memang waktu kita terbatas dan hanya bisa menampung 250 peserta. Tapi bukan itu yang penting. Tapi pesannya bahwa ayam ketawa ini adalah ayam khas Sulsel, ini ciptaan Tuhan," tuturnya. 

Menurutnya, hadirnya ayam khas ini di Sulsel merupakan sebuah kekayaan yang luar biasa. Sehingga harus dijaga dengan baik dan dikembangkan. "Alhamdulilah Tuhan memberikan kekayaan yang luar biasa untuk Sulsel ini yang disebut ayam ketawa. Yang ini jumlahnya sekarang sudah berkurang dan ternyata nilai ekonomi nya sangat bagus sekali, karena dia memiliki nilai tersendiri," lanjutnya. 

Lebih lanjut menurut Bahtiar, ayam ketawa ini menarik dapat membawa dan membuat orang bahagia. Terkait ayam ketawa ini, selanjutnya perlu mengedukasi masyarakat dan ini merupakan kebanggaan Sulsel. Khususnya bagi peternak ayam, didorong untuk bisa lebih semangat lagi dalam mengembangkan peternakannya.

"Saya punya cita-cita, dan kawan-kawan peternakan kedepan ini menjadi komoditi andalan Sulawesi Selatan. Nah nanti bisa jadi ini akan menjadi oleh-oleh khas dari Sulawesi Selatan, selama ini kan bawa kepiting, sukun, barongko, mie titi. Nah kemungkinan suatu saat nanti ayam ketawa bisa jadi oleh-oleh khas Sulsel," harapnya. 

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross