Ilustrasi pesawat V-22 Osprey (foto:newatlas)

Pesawat Militer AS Dilaporkan Jatuh di Lepas Pantai Jepang

Publish by Redaksi on 29 November 2023

NEWS, IDenesia.id - Sebuah pesawat militer Amerika Serikat (AS) dengan delapan orang di dalamnya jatuh ke laut di Jepang barat pada hari Rabu 29 November 2023. Beberapa media melaporkan satu awaknya tewas dan kondisi setidaknya dua orang yang diangkut dari perairan tidak jelas.

Penjaga pantai Jepang mengatakan apa yang tampak seperti puing-puing pesawat rotor mirip V-22 Osprey dan satu orang yang "tidak responsif" telah ditemukan sekitar 3 km dari pulau Yakushima.

Perahu nelayan di daerah tersebut menemukan tiga orang di perairan sekitar, kata perwakilan koperasi perikanan setempat, seraya menambahkan bahwa kondisi mereka tidak diketahui.

Osprey lainnya mendarat dengan selamat di bandara pulau itu pada Rabu sore sekitar waktu terjadinya kecelakaan, kata juru bicara pemerintah setempat.

Pasukan AS di wilayah tersebut masih mengumpulkan informasi, kata seorang juru bicara.

Amerika Serikat, yang berjanji untuk membela Jepang setelah kekalahannya dalam Perang Dunia II, memiliki sekitar 54.000 tentara AS di negara tersebut, sebagian besar berada di rangkaian pulau selatan yang strategis dan penting, di tengah meningkatnya keagresifan militer Tiongkok di Laut Cina Selatan.

Disadur IDenesia dari Reuters, Rabu 29 November 2023, kecelakaan itu terjadi sebelum pukul 15.00 (06.00 GMT) dan para saksi mengatakan mesin kiri pesawat tampak terbakar saat turun, lapor media.

Jepang yang juga mengoperasikan pesawat Osprey, mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya tidak berencana untuk melarang terbang pesawat tersebut tetapi telah meminta militer AS untuk menyelidiki kecelakaan tersebut.

Dikembangkan bersama oleh Boeing(BA.N) dan Bell Helicopter, Osprey dapat terbang seperti helikopter dan pesawat sayap tetap dan dioperasikan oleh Marinir AS, Angkatan Laut AS, dan Pasukan Bela Diri Jepang.

Penerapan Osprey di Jepang telah menjadi kontroversi, dengan para kritikus mengatakan bahwa pesawat ini rentan terhadap kecelakaan. Militer Amerika dan Jepang menyatakan wilayah tersebut aman.

Pada bulan Agustus, pesawat Osprey AS jatuh di lepas pantai Australia Utara saat mengangkut pasukan selama latihan militer rutin, menewaskan tiga Marinir AS. Kecelakaan lainnya terjadi di laut lepas pulau Okinawa di selatan Jepang pada bulan Desember 2016, yang menyebabkan pesawat tersebut dilarang terbang sementara oleh militer AS.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross