Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi (Foto: Anadolu)

Deklarasi Beijing, 14 Faksi di Palestina Akhiri Perpecahan

Publish by Redaksi on 23 July 2024

NEWS, IDenesia.id-Faksi-faksi Palestina mengakhiri perpecahan dalam pembicaraan rekonsiliasi mereka di Beijing. Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengumumkan hal itu hari ini.

Para perwakilan faksi menandatangani deklarasi tersebut dan berjanji untuk mengakhiri perpecahan dan memperkuat persatuan.

Perwakilan dari 14 kelompok Palestina mengadakan pembicaraan di Beijing sejak Minggu.

Rekaman video yang dirilis oleh media pemerintah Tiongkok menunjukkan Wang berjalan bersama perwakilan faksi Palestina, termasuk Hamas dan Fatah, setelah pertemuan mereka yang diadakan di Beijing.

Wang memuji deklarasi Beijing yang ditandatangani oleh faksi-faksi Palestina untuk membentuk pemerintahan rekonsiliasi nasional sementara untuk memerintah Gaza setelah perang.

“Sorotan paling menonjol adalah kesepakatan untuk membentuk pemerintahan rekonsiliasi nasional sementara untuk Gaza pascaperang,” kata Wang seperti dilansir IDenesia dari Anadolu, Selasa, 23 Juli 2024.

Diplomat terkemuka Tiongkok itu mengatakan, rekonsiliasi adalah masalah internal faksi-faksi Palestina. "Tetapi hal itu tidak dapat dicapai tanpa dukungan komunitas internasional,” jelasnya.

Menurut Wang, Tiongkok ingin memainkan peran konstruktif dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah.

Pejabat senior Hamas Musa Abu Marzuk, yang menghadiri pertemuan tersebut, mengatakan, hari ini mereka menandatangani perjanjian untuk persatuan nasional.

"Dan kami mengatakan bahwa jalan untuk menyelesaikan perjalanan ini adalah persatuan nasional. Kami berkomitmen terhadap persatuan nasional dan kami menyerukannya,” tegas Musa Abu Marzuk.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross