Tim Berners-Lee, Pencipta World Wide Web Atau disingkat WWW. Tanggal 13 November 1990 Adalah Momentum Halaman WWW Pertama Diciptakan.

Halaman World Wide Web Pertama Diciptakan Pada 13 November 1990

Publish by Redaksi on 13 November 2022

NEWS, IDenesia.id – Tanggal 13 November diklaim sebagai tonggak sejarah dalam terciptanya halaman World Wide Web pertama. Waring Wera Wanua dalam bahasa Inggris disebut sebagai World Wide Web, yang biasa disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna.

Setiap kali kita akan menuliskan alamat website di internet, maka pastinya didahului dengan mengetikkan kata WWW. World Wide Web ini ditemukan oleh Tim Berners-Lee. Ternyata, 13 November menjadi hari lahirnya halaman WWW.

Melansir scihi.org, pada tanggal 13 November 1990, satu hari setelah publikasi Tim Berners-Lee dan Robert Cailliau tentang konsep sistem hypertext di seluruh dunia, halaman web pertama dibuat. Semuanya dimulai di Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN), di Swiss. Di mana fisikawan dari seluruh dunia perlu berbagi data eksperimen, dan tanpa mesin umum dan perangkat lunak presentasi umum.

WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya WWW hanyalah bagian daripada Internet. WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.

WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, audio, video dan animasi.

Penggunaannya tergolong baru dibandingkan surel, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua yang terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).

Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri dari teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman melalui teks inilah yang disebut sebagai pranala. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia.

Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengklik pranala, maka para pengguna bisa beralih dari satu dokumen ke dokumen yang lainnya.

Kata "Waring Wera Wanua" berasal dari bahasa Jawa Kuno yaitu waring yang bermakna jala, wera yang bermakna luas, dan wanua menggambarkan daerah atau wilayah yang dihuni. Dalam bahasa Indonesia waring paling mendekati maknanya adalah jaring dan wanua frasa yang mendekati maknanya adalah benua.

pada tahun 1989, Tim Berners-Lee, seorang konsultan perangkat lunak yang bekerja untuk CERN, menulis proposal untuk "basis data hypertext besar dengan tautan yang diketik". Proposal tersebut untuk mendukung manajemen dokumen di CERN, tetapi hanya menghasilkan sedikit minat.

Namun demikian, didorong oleh atasannya Mike Sendall, Tim Berners-Lee mulai mengimplementasikan sistemnya pada salah satu workstation NeXT yang baru diakuisisi. Bersama rekannya Robert Cailliau, dia mencoba menyampaikan visi mereka ke Konferensi Eropa tentang Teknologi Hypertext pada bulan September 1990. Tetapi tidak menemukan vendor yang dapat menghargai visi mereka untuk menggabungkan konsep hypertext dengan internet.

Proposal tersebut merupakan perluasan dari ide layanan informasi gopher tetapi memasukkan banyak ide dan fitur baru. Sebagian terinspirasi oleh konsep sistem hypertext Project Xanadu dari Ted Nelson.

Teknologi baru utama yang diperkenalkan oleh proposal adalah HTML (HyperText Markup Language) untuk membuat dokumen web yang selanjutnya disebut sebagai halaman web, HTTP (HyperText Transfer Protocol) untuk mengirimkan halaman web dari server WWW ke browser klien, dan program perangkat lunak klien browser web untuk menerima dan menafsirkan data dan menampilkan hasil.

Web pada dasarnya bekerja sesuai dengan arsitektur client-server yang terkenal. Yang paling penting adalah bahwa antarmuka pengguna program perangkat lunak klien akan konsisten di semua jenis platform komputer sehingga pengguna dapat mengakses informasi dari semua jenis komputer.

Pada Natal 1990, Tim Berners-Lee telah membangun semua alat yang diperlukan untuk web yang berfungsi: browser web pertama (yang juga merupakan editor web) dan server web pertama. Situs web pertama, yang berisi halaman web yang menjelaskan proyek itu sendiri, diterbitkan pada tanggal 20 Desember 1990.

Konsep keseluruhan dibuat tersedia secara bebas untuk umum pada tahun 1991, mengabaikan hak paten atau pembayaran royalti, yang memberikan kontribusi signifikan terhadap kepentingan hari ini.

"Mimpi di balik web adalah ruang informasi bersama di mana kita berkomunikasi dengan berbagi informasi.

Universalitasnya sangat penting: fakta bahwa tautan hypertext dapat menunjuk ke apa saja, baik itu pribadi, lokal atau global, baik itu konsep atau sangat halus. Ada bagian kedua dari mimpi itu, juga, bergantung pada web yang digunakan secara umum sehingga menjadi cermin realistis (atau sebenarnya perwujudan utama) dari cara kita bekerja, bermain, dan bersosialisasi," demikian quote dari Tim Berners-Lee.

 

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross