Ilustrasi hari hewan sedunia (Foto: depositphotos.com)

Sejarah Hari Ini, 4 Oktober: Hari Hewan Sedunia

Publish by IDenesia on 4 October 2024

NEWS, IDenesia.id - Hari Hewan Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 4 Oktober. Hari hewan sedunia diperingati di berbagai belahan dunia untuk mengingatkan betapa pentingnya keberadaan hewan dalam kehidupan dan budaya manusia.

Disadur IDenesia dari laman National Today, Jumat, 4 Oktober 2024, Hari Hewan Sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 1925 di Berlin, Jerman, atas inisiatif Heinrich Zimmermann. Zimmermann, seorang penerbit majalah pecinta hewan “Man and Dog,” menggelar acara tersebut untuk meningkatkan kesadaran akan kesejahteraan hewan.

Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan hari perayaan Santo Fransiskus dari Assisi, santo pelindung hewan, yang dihormati karena sikapnya yang penuh kasih terhadap semua makhluk hidup.

Di berbagai gereja Katolik, tanggal 4 Oktober juga menjadi momen khusus untuk memberikan berkat bagi hewan peliharaan, sebagai bentuk penghargaan terhadap warisan Santo Fransiskus. Bahkan, nama Fransiskus menjadi inspirasi bagi Paus Fransiskus saat memilih nama kepausannya.

Sejak tahun 2003, Hari Hewan Sedunia juga menjadi platform bagi para ahli lingkungan untuk menyoroti masalah spesies yang terancam punah dan isu-isu konservasi.

Naturewatch Foundation, sebuah lembaga amal yang berbasis di Inggris, telah mensponsori acara ini dan mengajak masyarakat global untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang mendukung kesejahteraan hewan.

Peringatan ini bukan hanya untuk hewan peliharaan, tetapi juga hewan liar, spesies yang terancam punah, dan mereka yang terdampak oleh kerusakan lingkungan.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross