kementerian BUMN Menargetkan, Proses Audit Dana Pensiun BUMN Akan Selesai di Tahun Ini.

Dana Pensiun BUMN Ditarget Selesai di 2023

Publish by Redaksi on 20 January 2023

NEWS, IDenesia.id -  Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan, proses audit dana pensiun BUMN akan selesai di tahun ini. Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menyatakan hasil audit akan memperlihatkan data detail perihal dana pensiun BUMN yang masuk dalam kategori freud dana mana dapen yang memang tidak dikorupsi.

"Beres, mudah-mudahan beres, target setahun ini [audit selesai]. Kan belum bisa, setelah diaudit, lihat mana yang freud, mana yang nggak, kan gak bisa dikatakan bahwa rugi belum tentu freud-kan. Kalau ada freud-nya ya uda, masih proses [audit], bisa aja rugi," ungkap Arya saat ditemui di Kementerian BUMN, Rabu (18/1/2023).

Menteri BUMN Erick Thohir sebelumnya mengungkapkan, 65 persen dana pensiun BUMN bermasalah. Sedangkan yang mampu mengelola dana pensiun dengan baik hanya sekitar 35 persen BUMN. Karena itu, dia memastikan akan melakukan bersih-bersih dana pensiun BUMN di sisa masa jabatannya.

"Saya mau bersih-bersih, mumpung masih ada waktu," kata dia, belum lama ini.

Erick menuturkan, pengelolaan dana pensiun BUMN rawan diselewengkan, sehingga perlu diawasi. Dia mengingatkan dana pensiun BUMN tidak dapat lagi dikelola seperti dulu, yang cenderung tidak transparan, akuntabel dan sering bocor.

"Track record-nya sudah ada. Ada aset yang hilang, investasi yang dimainkan ada dana yang dikorupsi. Sekarang saya bekerja sama dengan BPKP untuk menyusun blacklist, siapa saja direksi yang korup, akan masuk daftar ini," tutur Erick.

#Topik Terkait

cropped-FAVICON-1.png
IDenesia Daily
hello world!
cross